Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Pemberantasan Buta Baca Tulis Al-Qur’an Di Tpa. Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari Lombok Barat (AI-40)

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Al-Qur’an merupakan Firman Allah SWT. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai pedoman bagi manusia dalam menata kehidupannya, agar memperoleh kebahagiaan lahir dan bathin, dunia dan akhirat. Konsep-konsep yang dibawa Al-Qur’an selalu relevan dengan problema yang dihadapi manusia, karena ia turun untuk berdialog dengan setiap umat yang ditemuinya, sekaligus menawarkan pemecahan terhadap problema yang dihadapinya, kapan dan dimanapun mereka berada. Dengan demikian, betapa pentingnya seseorang untuk belajar membaca, mempelajari dan memahami kandungan Al-Qur’an yang akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi insan yang beriman, yang berada dalam petunjuk hidup yang benar dan tumbuhnya generasi yang diharapkan oleh Allah, yang mampu mengemban amanat-Nya.

Setiap mukmin yang mempercayai Al-Qur’an mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kitab sucinya. Diantaranya kewajiban dan tanggung jawab itu adalah mempelajari dan mengajarinya. 

Rasulullah SAW bersabda:
خًَِِيركم من تعلم القرأن وعلمه (رواه البخاري)

Artinya         : Sebaik-baik kamu adalah yang belajar Al-Qur’an dan yang mengajarkannya (Humam, dkk, 2001: 8)
 
Belajar Al-Qur’an merupakan kewajiban utama bagi setiap mukmin, begitu juga mengajarkannya. Menjadikan anak-anak dapat belajar Al-Qur’an mulai semenjak kecil adalah kewajiban orang tuanya masing-masing. Berdosalah orang tua yang mempunyai anak-anak, tetapi anak-anaknya tidak pandai dalam membaca Al-Qur’an. Tidak ada malu yang paling besar nantinya di hadapan Allah bila anak-anak tidak pandai membaca Al-Qur’an. Sebaliknya tidak ada kegembiraan yang lebih memuncak nantinya, bilamana orang tua dapat menjadikan anaknya pandai membaca Al-Qur’an. Dengan memberikan pendidikan dan pengajaran Al-Qur’an sejak dini kepada anak-anak muslim akan dapat menunjang perkembangan jiwa mereka, sesuai dengan nilai Islam demi terbentuknya kepribadian muslim yang diharapkan.
Oleh sebab itu, kaum muslimin dewasa ini perlu mempertahankan pengajaran Al-Qur’an bagi anak-anaknya dan janganlah membiarkan mereka sampai tidak kenal atau tidak mengerti membaca Al-Qur’an, sebab dalam Al-Qur’an terkandung semua ajaran Islam yang membawa pengaruh besar sekali bagi pembentukan kepribadian muslim dan pengembangan prinsip moral manusia.
Sedemikian pentingnya untuk belajar dan mengajarkan Al-Qur’an terutama bagi umat Islam. Hal ini didasarkan dengan begitu banyaknya Firman Allah, serta Sabda Nabi Muhammad SAW yang menyuruh untuk mempelajari Al-Qur’an, diantaranya dalam surat Al- Fatir ayat 29 Allah SWT. berfirman:
إن الذين يتلون كتاب الله وأقاموا الصلاة وأنفقوا مما رزقنهم سرا وعلانية نية يرجون تجارة لن تبور(الفاطر: 29)
Artinya         : Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendidirkan sholat dan menafkahkan sebagian rizkinya yang kami anugerahkan pada mereka dengan diam dan terang-terangan, mereka itulah yang mengharapkan perniagaan yang tiada akan merugi (Depag RI, 2000: 349).

Pekerjaan mengajar Al-Qur’an merupakan tugas yang sangat mulia di sisi Allah. Di dalam tugas mengajarkan Al-Qur’an, terkandung tiga kemuliaan, yaitu: kemuliaan mengajar yang merupakan tugas Nabi, kemudian membaca Al-Qur’an dan kemulian memperdalam maksud yang terkandung di dalam Al-Qur’an.
Mengingat pentingnya membaca, mempelajari, dan memahami Al-Qur’an, lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dewasa ini merupakan salah satu wadah dalam menamakan kecintaan anak untuk mempelajari Al-Qur’an sedini mungkin. TPQ. Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari Lombok Barat merupakan salah satu TPQ yang sangat membantu masyarakat sekitar untuk menanggulangi permasalahan pemberantasan buta baca tulis Al-Qur’an, terutama bagi putra-putri masyarakat Kapek Gunung Sari Lombok Barat.
Terkait dengan hal-hal yang telah dikemukaakan di atas, perlu dilakukan suatu penelitian dengan judul: Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam Pemberantasan Buta Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ. Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari Lombok Barat”.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Partner

Contoh Tesis Pendidikan

Dapatkan file lengkap dalam FORMAT MS-WORD (*.Doc) Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka , untuk judul tersebut diatas. info lengkap dan judul terbaru bisa anda download di download

Semua itu anda bisa dapatkan secara Cuma-Cuma alias GRATISSSSSS.Anda hanya mengganti biaya pengetikan sebesar Rp. 125.000,- per judul (Kecuali Teknik harga Rp. 150.000) dan file-filenya akan kami kirimkan lengkap. (Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka).

Caranya? Lakukan pemesanan via SMS dengan mengetik judul yang diinginkan beserta KODE judul tersebut, kirim ke nomor 081 334 852 850. atau ke e-mail tesis_skripsi@yahoo.com

Dapatkan informasi judul-judul manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, manajemen pendidikan LENGKAP hanya di http://www.ilmiahmanajemen.blogpsot.com/

Kunjungi juga web kami di
http://www.kumpulantesis.blogspot.com/
http://www.ilmiahpertanian.blogspot.com/
http://www.ilmiahekonomi.blogspot.com/
http://www.tesis-ilmiah.blogspot.com/
http://www.tesis-ilmiah.com/
http://www.ilmiahmanajemen.blogspot.com/

Koleksi Judul TERBARU
hanya di www.ilmiahilmu.blogspot.com

Kumpulan TEsis dan Skripsi Terlengkap hanya di
www.ilmiahtesis.blogspot.com