Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN Kanigoro (PMT-59)

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang masih kurang aktif dan kreatif dalam pembelajaran dan pemanfaatan berbagai sumber belajar sehingga kemampuan dalam pengetahuan dan pemahaman masih kurang berkembang. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa masih kurang maksimal. Pendekatan Resource Based Learning adalah pembelajaran dimana siswa dituntut untuk aktif dalam mencari berbagai macam sumber belajar. Pada pendekatan ini, ditegaskan bahwa sumber belajar siswa tidak hanya pada satu sumber tetapi terdapat berbagai macam sumber belajar yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Melalui pendekatan ini diharapkan siswa dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang lebih baik.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa MTsN Kanigoro? (2) Apakah ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Kanigoro?. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap minat matematika siswa MTsN Kanigoro. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Kanigoro.
Pola penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain eksperimen sejati (True Experimental Design) tipe Posttest-Only Control Desiqn. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan Resource Based Learning (x). Sedangkan variabel terikatnya adalah minat (y) dan hasil belajar matematika siswa, (y). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTsN Kanigoro tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random Sampling karena diasumsikan populasi tersebut homogen dan sudah mencapai materi yang sama. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa. 
Dalam Penelitian ini digunakan metode observasi, metode interview, metode pemberian tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji t-test, dan uji Chi-Square. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa MTsN Kanigoro dengan koefisien = 2,275 > = 2,000 (5%) (2) Ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Kanigoro dengan koefisien = 2,337 > = 2,000 (5%).


Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan