Penelitian dalam skripsi ini
dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang masih kurang
aktif dan kreatif dalam pembelajaran dan pemanfaatan berbagai sumber belajar
sehingga kemampuan dalam pengetahuan dan pemahaman masih kurang berkembang. Hal
ini menyebabkan hasil
belajar siswa masih kurang maksimal. Pendekatan
Resource
Based Learning adalah
pembelajaran dimana siswa dituntut untuk aktif dalam mencari berbagai macam
sumber belajar. Pada pendekatan ini, ditegaskan bahwa
sumber belajar siswa tidak hanya pada satu sumber tetapi terdapat berbagai
macam sumber belajar yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Melalui pendekatan ini diharapkan siswa dapat meningkatkan minat belajar
matematika siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang
lebih baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah (1) Apakah
ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa
MTsN Kanigoro? (2) Apakah ada pengaruh pendekatan Resource Based Learning
terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Kanigoro?. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah (1) Untuk
mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan Resource
Based Learning terhadap minat matematika siswa MTsN Kanigoro. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh
pendekatan Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika
siswa MTsN Kanigoro.
Pola penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain eksperimen sejati (True
Experimental Design) tipe Posttest-Only
Control Desiqn. Variabel bebas dalam penelitian ini
adalah pendekatan Resource Based Learning (x). Sedangkan variabel terikatnya adalah minat (y) dan hasil belajar matematika
siswa, (y). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTsN Kanigoro tahun ajaran
2011/2012. Pengambilan sampel yang digunakan adalah
teknik random Sampling karena diasumsikan populasi tersebut homogen dan
sudah mencapai materi yang sama. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa.
Dalam Penelitian ini digunakan metode observasi,
metode interview, metode pemberian tes, metode angket, dan metode dokumentasi.
Untuk analisis data peneliti menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji t-test, dan uji Chi-Square. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat diambil
kesimpulan bahwa
(1) Ada
pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa
MTsN Kanigoro dengan koefisien = 2,275 > = 2,000 (5%) (2) Ada pengaruh pendekatan Resource Based
Learning terhadap hasil belajar matematika siswa
MTsN Kanigoro dengan koefisien = 2,337 > = 2,000 (5%).
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar