Penelitian dalam skripsi
ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika yang
dipengaruhi oleh kurangnya minat dan keaktifan dalam belajar matematika.
Sehingga dalam penelitian ini mencobakan suatu metode pembelajaran yang dapat
meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik.
Rumusan masalah pada penelitian ini
adalah (1) Apakah
penggunaan metode permainan kuis dapat meningkatkan keaktifan belajar
matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas
V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek? Dan (2) Apakah
penggunaan metode permainan kuis dapat meningkatkan prestasi belajar matematika
materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas V SDN I
Ngrencak Panggul Trenggalek? Adapun yang
menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Meningkatkan keaktifan belajar
matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas
V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek melalui penggunaan metode permainan kuis, dan Meningkatkan
prestasi belajar matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada
peserta didik kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek melalui penggunaan
metode permainan kuis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis PTK (Penelitian
Tindakan Kelas). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes,
angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi.Tes digunakan untuk mengetahui
prestasi belajar peserta didik kelas V SDN 1 Ngrencak, angket digunakan untuk
mengetahui biodata dan refleksi tentang penggunaan metode permainan kuis.
Observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik, sedangkan
wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang data sekolah
yang diteliti.
Setelah peneliti mengadakan
penelitian dan menganalisis data Dari
hasil pengamatan data keaktifan peserta didik menunjukkan bahwa keaktifan peserta
didik meningkat, bahkan semua peserta didik aktif mengikuti pelajaran. Untuk data hasil ulangan juga meningkat yaitu
pada nilai 61 keatas dari 7(30%)
peserta didik meningkat
menjadi 19 (83%) peserta didik.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar