Penggunaan Metode Permainan Kuis untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Datar dan Bangun Ruang Peserta Didik Kelas V SDN 1 Ngrencak Panggul Trenggalek (PMT-67)


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika yang dipengaruhi oleh kurangnya minat dan keaktifan dalam belajar matematika. Sehingga dalam penelitian ini mencobakan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan metode permainan kuis dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek? Dan (2) Apakah penggunaan metode permainan kuis dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Meningkatkan keaktifan belajar matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek melalui penggunaan metode permainan kuis, dan  Meningkatkan prestasi belajar matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang pada peserta didik kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek melalui penggunaan metode permainan kuis.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi.Tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas V SDN 1 Ngrencak, angket digunakan untuk mengetahui biodata dan refleksi tentang penggunaan metode permainan kuis. Observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik, sedangkan wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang data sekolah yang diteliti.
Setelah peneliti mengadakan penelitian dan menganalisis data Dari hasil pengamatan data keaktifan peserta didik menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik meningkat, bahkan semua peserta didik aktif mengikuti pelajaran. Untuk data hasil ulangan juga meningkat yaitu pada nilai 61 keatas dari 7(30%) peserta didik meningkat menjadi 19 (83%) peserta didik.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan