Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena upaya guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui
penerapan sanksi. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah penerapan sanksi
yang diterapkan untuk meningkatkan akhlak siswa di MTs Darul Hikmah Tawangsari
Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode yang digunakan
guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari
Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung? 2) Apa hambatan dan solusi guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs
Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung? 3) Bagaimana hasil yang
telah dicapai guru dalam meningkatkan
akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari
Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana metode yang digunakan guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung. 2) Mengetahui apa
hambatan dan solusi guru dalam meningkatkan
akhlak siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul
Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung. 3) Mengetahui bagaimana hasil yang telah
dicapai guru dalam meningkatkan akhlak
siswa melalui penerapan sanksi di MTs Darul
Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung.
Skripsi ini bermanfaat bagi peneliti untuk
menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman untuk upaya meningkatkan
akhlak siswa melalui penerapan sanksi sebagai pengajar. Bagi MTs Darul Hikmah
Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam
rangka pembinaan dan peningkatan akhlak siswa, baik bagi para guru maupun
lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang
cukup berarti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi
dan interview. Observasi dilakukan guna mengetahui secara langsung kegiatan
penerapan sanksi yang dilakukan oleh pihak guru selama ini. Sedangkan metode
dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang responden dan
dokumen madrasah.
Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan
menggunakan beberapa metode di atas, maka penelitian ini menghasilkan: Upaya
yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan akhlak siswa melalui penerapan
sanksi di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung berjalan
cukup baik. Hal ini terlihat adanya usaha yang sungguh-sungguh dari pihak guru
untuk mendidik siswanya agar bisa selalu mentaati tata tertib yang berlaku yang
semuanya ditunjukkan dalam sebuah usahanya yaitu: 1) sanksi diterapkan secara
kontinu yaitu dilakukan terus menerus setiap harinya agar siswa segera
menyadari kesalahannya. 2) sanksi harus bersifat mendidik dan mempunyai efek
jera agar siswa tidak mengulangi kesalahan yang sama. Adapun faktor-faktor yang
menghambat yaitu: 1) siswa yang merasa tidak setuju mendapatkan sanksi akan
melakukan pembelaan terhadap dirinya dan ada juga yang melapor kepada orang
tuanya. 2) adanya siswa yang sakit hati bahkan sampai menangis dan mengalami
goncangan batin. 3) adanya siswa yang melakukan pelanggaran berulang-ulang yang
membuat guru menjadi kesal. Adapun solusinya yaitu: 1) memberikan sanksi yang
mendidik dan menggunakan pendekatan psikologis. 2) sanksi dapat memberikan efek
jera dengan tidak melukai perasaan dan tanpa sentuhan fisik. 3) siswa yang
mendapatkan sanksi harus tetap disayang dan tidak dijauhi. Hasil yang telah
dicapai yaitu: 1) siswa melakukan perubahan yang positif setelah mendapatkan
sanksi. 2) siswa dengan penuh kesadaran akan mematuhi tata tertib yang berlaku.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar