Fokus penelitian: (1) Bagaimana prestasi belajar peserta didik kelas X di
Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana upaya guru
aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X di Madrasah
Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar? (3) Apa saja faktor penghambat dan
pendukung guru aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik
kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar?
Jenis penelitian yang digunakan kualitatif, sedangkan pola penelitian
deskriptif, lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi Blitar,
kehadiran peneliti dalam
penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama, yaitu sebagai
pelaksana, pengamat, dan sekaligus sebagai pengumpul data. Sebagai pelaksana,
peneliti melaksanakan penelitian ini di Madrasah
Aliyah (MA) Darul Huda
Wonodadi Blitar. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek darimana data dapat diperoleh, prosedur pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara
mendalam, metode dokumentasi, teknik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan,
deduksi, komparasi dan induksi, pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan
pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, tahap-tahap penelitian tahap para
lapangan dan tahap kerja lapangan.
Kemudian bagaimana
upaya guru aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik
kelas X di Madrasah Aliyah (MA)
Darul Huda Wonodadi Blitar sebagai berikut: selalu memberi motivasi peserta
didik kelas X selalu giat belajar setiap hari. Guru selalu melakukan evaluasi
setiap selesai pembelajaran di dalam kelas, dalam pengambilan materi tidak
hanya Lembar Kerja Siswa tetapi juga menggunakan buku paket dan buku lainnya
yang menunjang materi tersebut, penugasan kepada siswa untuk menyelesaikan
soal-soal yang ada pada materi pelajaran, guru aqidah akhlak menuntut siswa
menghafal sebagian materi yang dianggap paling penting. Selanjutnya mengenai faktor penghambat dan pendukung guru
aqidah akhlak dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X
di Madrasah Aliyah (MA) Darul
Huda Wonodadi Blitar sebagai berikut: Yang pertama faktor penghambat, sebagian
anak belum proaktif dalam mengikuti proses pembelajaran, penerimaan siswanya
tidak melalui pemilihan secara cermat dalam arti menerima murid dengan apa
adanya, di dalam proses belajar mengajar sebagian siswa masih berfokus pada
bahan ajar yang minim seperti Lembar Kerja Siswa, tidak berusaha menggunakan
buku yang menambah bahan ajar, sebagian siswa banyak yang malas dalam mengikuti
proses pembelajaran. Yang kedua faktor pendukung seorang guru aqidah akhlak
dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yaitu sarana media belajarnya
memadai untuk digunakan proses belajar mengajar, suasana lingkungan sekolah di dalam
lingkungan pondok pesantren yang kondusif, sehingga dapat menciptakan suasana
belajar yang kondusif pula sehingga guru akan lebih mudah dalam menyampaikan
materi belajar.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar