Upaya Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Siswa kelas X Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar (PAI-59)


Fokus penelitian: (1) Bagaimana prestasi belajar peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana upaya guru aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar? (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung guru aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar?

Jenis penelitian yang digunakan kualitatif, sedangkan pola penelitian deskriptif, lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi Blitar, kehadiran peneliti dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama, yaitu sebagai pelaksana, pengamat, dan sekaligus sebagai pengumpul data. Sebagai pelaksana, peneliti melaksanakan penelitian ini di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek darimana data dapat diperoleh, prosedur pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, metode dokumentasi,  teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, deduksi, komparasi dan induksi, pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, tahap-tahap penelitian tahap para lapangan dan tahap kerja lapangan.
Kemudian bagaimana upaya guru aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar sebagai berikut: selalu memberi motivasi peserta didik kelas X selalu giat belajar setiap hari. Guru selalu melakukan evaluasi setiap selesai pembelajaran di dalam kelas, dalam pengambilan materi tidak hanya Lembar Kerja Siswa tetapi juga menggunakan buku paket dan buku lainnya yang menunjang materi tersebut, penugasan kepada siswa untuk menyelesaikan soal-soal yang ada pada materi pelajaran, guru aqidah akhlak menuntut siswa menghafal sebagian materi yang dianggap paling penting. Selanjutnya mengenai faktor penghambat dan pendukung guru aqidah akhlak dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar sebagai berikut: Yang pertama faktor penghambat, sebagian anak belum proaktif dalam mengikuti proses pembelajaran, penerimaan siswanya tidak melalui pemilihan secara cermat dalam arti menerima murid dengan apa adanya, di dalam proses belajar mengajar sebagian siswa masih berfokus pada bahan ajar yang minim seperti Lembar Kerja Siswa, tidak berusaha menggunakan buku yang menambah bahan ajar, sebagian siswa banyak yang malas dalam mengikuti proses pembelajaran. Yang kedua faktor pendukung seorang guru aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yaitu sarana media belajarnya memadai untuk digunakan proses belajar mengajar, suasana lingkungan sekolah di dalam lingkungan pondok pesantren yang kondusif, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif pula sehingga guru akan lebih mudah dalam menyampaikan materi belajar.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan