Latar Belakang Masalah: Persoalan remaja bukanlah
merupakan masalah yang baru, namun hingga kini masih aktual. Remaja merupakan
sub sistem dari masyarakat yang menarik perhatian sekaligus perlu mendapatkan
perhatian. Mereka memiliki sifat yang penuh dinamika, terbuka, ingin tahu dan pemberani. Maka perlu
dilakukan penanggulangan sejak dini (pencegahan) kelakuan atau pelanggaran para
remaja (kenakalan remaja) agar tidak merambat pada remaja lain dan tidak
terjadi kenakalan remaja baru, atau setidaknya kenakalan remaja dapat dihindari
dan dikurangi.
Rumusan Masalah: 1. Bagaimana urgensi pendidikan
keluarga dalam menanamkan keimanan di Desa Sumberingin Kulon Kec. Ngunut
Kabupaten Tulungagung?, 2. Bagaimana urgensi pendidikan keluarga dalam
menanamkan akhlak di Desa Sumberingin Kulon Kec. Ngunut?, 3.Bagaimana urgensi
pendidikan keluarga dalam pelaksanaan syari’at di Desa Sumberingin Kulon Kec.
Ngunut?, 4. Bagaimana urgensi pendidikan keluarga dalam menanggulangi kenakalan
remaja secara preventif di Desa Sumberingin Kulon Kec. Ngunut?
Tujuan Penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan urgensi
pendidikan keluarga dalam menanamkan keimanan di Desa Sumberingin Kulon Kec.
Ngunut Kabupaten Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan urgensi pendidikan
keluarga dalam menanamkan akhlak di Desa Sumberingin Kulon Kec. Ngunut
Kabupaten Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan
urgensi pendidikan keluarga dalam pelaksanaan/melaksanakan syari’at di
Desa Sumberingin Kulon Kec. Ngunut Kabupaten Tulungagung, 4) Untuk
mendeskripsikan urgensi pendidikan keluarga dalam menanggulangi kenakalan
remaja secara preventif di Desa Sumberingin Kulon Kec. Ngunut Kabupaten Tulungagung.
Metode Penelitian: (1). Pendekatan: kualitatif, (2).
Jenis Penelitian: deskriptif dan studi
kasus, (3). Kehadiran peneliti: peneliti hadir di lokasi Desa Sumberingin
Kulon, (4). Sumber Data: Informan terdiri dari orang
tua, (5). Metode Pengumpulan Data: observasi, wawancara dan dokumentasi, (6).
Analisis Data: data dianalisis secara deduktif dan induktif, (7). Pengecekan
Keabsahan Temuan: perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pemeriksaan teman
sejawat.
Hasil Penelitian: Setelah penulis
mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis dapat
mengetahui bahwa 1. Ada kecenderungan yang baik dalam pendidikan keluarga dalam
menanamkan keimananprosentasenya sebesar 83,05%, 2. Ada kecenderungan baik pada
pendidikan keluarga dalam menanamkan akhlaq, prosentasenya 76-45%, 3. Ada
kecenderungan yang baik pada pendidikan keluarga dalam melaksanakan syari’at
islam prosentasenya 83,3%, 4. Ada kecenderungan yang baik pada Urgensi
pendidikan keluarga dalam menanggulangi kenakalan remaja (secara preventif) di
Desa Sumberingin Kulon Ngunut Tulungagung prosentasenya sebesar 85,65%.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar