Analisis Perbandingan Cost Model dengan Revaluation Model dalam Penilaian Aset Tetap dan Pengaruhnya terhadap Laporan Posisi Keuangan pada PT. Mulia Industrindo Tbk (KE-80)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbandingan antara Cost Model dengan Revaluation Model dalam penilaian aset tetap serta pengaruhnya terhadap laporan posisi keuangan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Mulia Industrindo Tbk. Jenis data yang dipakai adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa sejarah perusahaan, struktur organisasi perusahaan yang disertai uraian tugasnya, serta data-data lain yang bersifat kualitatif. Data kuantitatif berupa angka-angka seperti besarnya nilai aset tetap yang diakui oleh perusahaan dalam laporan keuangan, serta data-data lain yang dibutuhkan dalam rangka penulisan.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan nilai aset tetap pada laporan posisi keuangan jika menggunakan Cost Model dengan Revaluation Model. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan metode komparatif. Dengan metode analisis deskriptif kualitatif, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, yaitu dengan mengkaji, memaparkan, menelaah, dan menjelaskan data-data yang diperoleh pada PT. Mulia Industrindo Tbk untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan menyeluruh tentang metode penilaian aset tetap. Setelah mendapatkan gambaran yang jelas mengenai metode penilaian aset tetap, metode tersebut kemudian dibandingkan dengan metode penilaian aset tetap yang lain sesuai dengan usulan peneliti untuk mengetahui pengaruhnya terhadap laporan posisi keuangan PT. Mulia Industrindo Tbk. Dalam hal ini, peneliti akan membandingkan metode penilaian aset tetap antara cost model dengan revaluation model.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Revaluation Model dapat meningkatkan nilai aset tetap dibanding dengan menggunakan Cost Model. Meningkatnya nilai aset tetap juga akan berpengaruh pada rasio-rasio laporan keuangan yaitu rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan