Berdasarkan hasil tanya jawab seputar masalah
siswa dengan guru yang telah lama mengajar matematika di SMP Islam Gandusari
Trenggalek, siswa kelas VII-D mempunyai masalah pemahaman yang kurang dalam
belajar matematika sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapankan
guru. Hal ini membuat saya untuk menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar
siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini
adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-D SMP Islam
Gandusari Trenggalek?,
2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat
meningkatkan hasil belajar materi segitiga pada siswa kelas VII-D SMP Islam
Gandusari Trenggalek?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian
dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan
model kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar materi
segitiga pada siswa kelas VII-D SMP Islam Gandusari Trenggalek, 2) Untuk mengetahui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar materi
segitiga pada siswa kelas VII-D SMP Islam Gandusari Trenggalek.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan
dua siklus tindakan untuk mengetahui peningkatan pada waktu sebelum tindakan
dan sesudah tindakan dilakukan dan teknik pengumpulan data menggunakan:
observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi.
Model pembelajaran kooperatif tipe make a match
ini diujicobakan pada sesi review dengan sintak guru memberikan kartu soal
kepada setiap kelompok kemudian siswa mencari kartu pasanganya (kartu jawaban)
dari soal yang ada di kartu soal yang diterimanya dengan batas waktu tertentu
dengan menyertakan penyelesaiannya. Siswa yang mendapatkan nilai tertinggi
mendapatkan reward.
Berdasarkan hasil belajar siswa pada tes awal
nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 56,26 menjadi 74,93 (siklus I) dan
81,60 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat
meningkatkan hasil belajar materi segitiga pada siswa kelas VII-D SMP Islam
Gandusari Trenggalek.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar