Pengaruh Atribut Produk, Kepuasan Nasabah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di BMT Sahara (BANK-46)

Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia menunjukkan perkembangan yang pesat. Kemunculan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) semakin menguat tatkala dalam kondisi krisis ekonomi lembaga keuangan konvensional mengalami keterpurukan sementara perbankan syariah tetap bertahan. Persaingan yang begitu ketat saat ini  membuat loyalitas nasabah mempunyai peranan yang sangat berpengaruh dalam pengembangan perusahaan jasa perbankan karena nasabah yang loyal merupakan aset dan kunci sukses untuk meningkatkan laba
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ada empat yaitu: (1) Apakah ada pengaruh dari faktor atribut produk pada BMT Sahara Tulungagung terhadap loyalitas nasabahnya? (2) Apakah ada pengaruh dari faktor kualitas pelayanan pada BMT Sahara Tulungagung terhadap loyalitas nasabahnya? (3) Apakah ada pengaruh dari faktor kepuasan nasabah pada BMT Sahara Tulungagung terhadap loyalitas nasabahnya? (4) Faktor manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada BMT Sahara Tulungagung?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampelnya diambil secara stratified random sampling atau teknik acak terlapis sebanyak 97 orang nasabah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan SPSS 16.0 dengan tahapannya adalah (1) uji validitas dan reliabilitas (2) uji normalitas data (3) uji anlisis regresi berganda dan (4)  uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor atribut produk terhadap loyalitas nasabah, sedangkan faktor kepuasan nasabah dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Terbukti di dalam tabel coefficients pada variabel atribut produk (X1) diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 dibandingkan dengan taraf sig. < α = 0,000 < 0,05. Untuk variabel kepuasan nasabah diperoleh nilai sig. sebesar 0,371 dibandingkan dengan taraf sig. > α = 0,371 > 0,05. Dan untuk variabel kualitas pelayanan diperoleh nilai sig. sebesar 0,860 dibandingkan dengan taraf sig. > α = 0,860 > 0,05.
Diantara faktor atribut produk, kepuasan nasabah dan kualitas pelayanan, faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BMT Sahara Tulungagung adalah faktor atribut produk, ini berarti hipotesis ditolak karena faktor atribut produk mempunyai nilai Fhitung  lebih besar dari faktor kepuasan nasabah dan faktor kualitas pelayanan, yaitu sebesar 6,958  sedangkan faktor kepuasan nasabah mempunyai Fhitung sebesar 898 dan kualitas pelayanan mempunyai Fhitung sebesar 176.

 

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan