Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia menunjukkan perkembangan
yang pesat. Kemunculan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) semakin menguat tatkala
dalam kondisi krisis ekonomi lembaga keuangan konvensional mengalami
keterpurukan sementara perbankan syariah tetap bertahan. Persaingan yang begitu
ketat saat ini membuat loyalitas nasabah
mempunyai peranan yang sangat berpengaruh dalam pengembangan perusahaan jasa
perbankan karena nasabah yang loyal merupakan aset dan
kunci sukses untuk meningkatkan laba
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ada empat yaitu: (1) Apakah ada pengaruh dari faktor atribut produk pada BMT Sahara Tulungagung terhadap loyalitas nasabahnya? (2) Apakah ada pengaruh dari faktor kualitas pelayanan pada BMT Sahara Tulungagung
terhadap loyalitas nasabahnya? (3) Apakah ada pengaruh
dari faktor kepuasan nasabah pada
BMT Sahara Tulungagung terhadap loyalitas nasabahnya? (4) Faktor manakah yang paling dominan berpengaruh
terhadap loyalitas nasabah pada BMT Sahara Tulungagung?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampelnya diambil
secara stratified random sampling atau
teknik acak terlapis sebanyak 97 orang nasabah. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisa data menggunakan SPSS 16.0 dengan tahapannya adalah
(1) uji validitas dan reliabilitas (2) uji normalitas data (3) uji anlisis
regresi berganda dan (4) uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan antara faktor atribut produk terhadap loyalitas nasabah, sedangkan faktor
kepuasan nasabah dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Terbukti di dalam tabel coefficients pada variabel atribut produk (X1) diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 dibandingkan dengan taraf sig. < α = 0,000 < 0,05. Untuk
variabel kepuasan nasabah diperoleh nilai sig. sebesar 0,371 dibandingkan dengan
taraf sig. > α = 0,371 > 0,05. Dan untuk variabel kualitas
pelayanan diperoleh nilai sig. sebesar 0,860
dibandingkan dengan taraf sig. > α = 0,860 > 0,05.
Diantara faktor atribut
produk, kepuasan nasabah dan kualitas pelayanan,
faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BMT Sahara Tulungagung adalah faktor atribut produk, ini berarti hipotesis ditolak
karena faktor atribut produk
mempunyai nilai Fhitung lebih
besar dari faktor kepuasan nasabah dan faktor kualitas
pelayanan,
yaitu sebesar
6,958 sedangkan faktor kepuasan
nasabah mempunyai Fhitung sebesar 898 dan kualitas pelayanan mempunyai
Fhitung sebesar 176.Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar