Keberhasilan dan kegagalan suatu perusahaan
merupakan kenyataan yang dapat dialami oleh suatu usaha. Dunia usaha berisi
dengan persaingan, peluang, tantangan, kegairahan maupun kelesuan yang dapat
menyebabkan naik turunnya suatu usaha. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah
seorang usahawan jeli dalam melihat suatu peluang dan memanfaatkannya, karena
dunia usaha yang penuh tantangan dan kegairahan tidak selalu akan berakhir
dengan membawa suatu kesuksesan. Dalam era globalisasi ini, persaingan tidak
hanya terbatas secara lokal (daerah tertentu) dan nasional saja, namun sudah secara
global, hal ini mengakibatkan semakin banyak variabel-variabel yang dapat
mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis.
Usaha kuliner yang sudah banyak terdapat di Indonesia adalah restoran atau
rumah makan. Rumah makan yang terdapat di Indonesia menawarkan berbagai
variasi masakan, baik masakan khas Indonesia maupun luar negeri.
Dalam melancarkan usaha rumah makan maka pelaku usaha tersebut harus
mengoptimalkan cita rasa pada setiap makanan, hal ini menjadi salah satu faktor
utama penentu keberhasilan usaha dalam bidang makanan.
Menu makanan
yang tersedia kadang kala tidak mempunyai bentuk yang menarik meskipun
kandungan gizinya tinggi, dengan arti lain kualitas dari suatu produk makanan
sangat ditentukan oleh tingkat kesukaan kosumen terhadap makanan tersebut.
Umumnya pengolahan makanan selalu berusaha untuk menghasilkan produk yang
berkualitas baik. Kualitas makanan adalah keseluruhan sifat-sifat dari makanan
tersebut yang berpengaruh terhadap konsumen (Wahidah,
2010).
Suatu perusahaan dalam mengeluarkan produk
sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan begitu
maka produk dapat bersaing di pasaran, sehingga menjadikan konsumen memiliki
banyak alternatif pilihan produk sebelum mengambil keputusan untuk membeli
suatu produk yang ditawarkan. Rumah makan ayam bakar Wong
Solo berusaha menciptakan produk ayam bakar yang memenuhi standar rasa
nusantara, sehingga bisa dinikmati dan disukai oleh seluruh masyarakat. Wong
Solo mengembangkan bisnis sistem wara laba sehingga gerai atau outletnya
tersebar di berbagai kota besar yang ada di Indonesia dan semua outlet yang ada
mempunyai standarisasi rasa yang sama, termasuk rumah makan ayam bakar Wong
Solo Makassar.
Promosi mempunyai peranan yang sangat penting untuk pengembangan suatu perusahaan.
Dengan promosi,
perusahaan dapat mengkomunikasikan produk kepada konsumen.
Keunggulan-keunggulan dari produk dapat diketahui oleh konsumen dan bisa
membuat konsumen tertarik untuk mencoba dan kemudian akan mengambil keputusan
untuk membeli suatu produk, jadi promosi merupakan
salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran karena dengan promosi
bisa membuat konsumen yang semula tidak tertarik terhadap suatu produk bisa
berubah fikiran dan menjadi tertarik pada produk tersebut.
Perusahaan
menggunakan promosi untuk memicu transaksi, sehingga konsumen bisa memutuskan
untuk membeli suatu merek tertentu serta
mendorong tenaga penjualan untuk secara agresif menjualnya. Selain itu promosi juga mampu merangsang permintaan akan suatu
produk. Dengan promosi terhadap suatu produk, diharapkan konsumen mau mencoba produk
tersebut dan mendorong konsumen yang sudah ada agar membeli produk lebih sering
lagi sehingga akan terjadi pembelian ulang dan volume penjualan produk suatu
perusahaan akan meningkat.
Promosi
merupakan faktor penting dalam mewujudkan tujuan penjualan suatu perusahaan.
Agar konsumen bersedia menjadi langganan, mereka terlebih dahulu harus dapat
mencoba atau meneliti barang-barang yang diproduksi oleh perusahaan, akan
tetapi mereka tidak akan melakukan hal tersebut jika kurang yakin terhadap
barang itu. Disinilah perlunya mengadakan promosi yang terarah, karena
diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap meningkatnya penjualan
Ayam bakar Wong Solo mempunyai standarisasi rasa yang sama di semua gerai atau outlet yang ada, selain itu juga banyak melakukan
kegiatan promosi seperti penyebaran brosur, iklan di koran, radio,
majalah, spanduk, baligho, reklame, pembagian voucher dan sponsorship dalam
kegiatan seminar, sehingga
pengenalan tentang produk diharapkan dapat diketahui oleh calon konsumen maupun
konsumen yang sudah sering melakukan pembelian ayam bakar di Rumah Makan Ayam
Bakar Wong Solo. Berdasarkan Uraian tersebut, maka dilakukan penelitian
tentang:
“Pengaruh Promosi dan Cita Rasa Terhadap Jumlah Pembelian Ayam Bakar di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo. Makassar”
Judul : Pengaruh Promosi Dan Cita Rasa Terhadap Jumlah Pembelian Ayam Bakar Di Rumah Makan Wong Solo Makassar (PM-47)
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar