Perkembangan
usaha peternakan unggas di Indonesia saat ini semakin pesat
dan memberikan kontribusi besar dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani.
Unggas khususnya ayam kampung merupakan salah satu komoditi ternak ayam yang
banyak diminati oleh semua lapisan masyarakat, dengan banyaknya permintaan
masyarakat akan daging ayam kampung, maka banyak sektor bisnis yang menjual
daging ayam olahan seperti café, restoran dan rumah makan demi memenuhi
kebutuhan konsumen. Bisnis yang menjual daging ayam kampung olahan menjadi
semakin maju pesat sebagaimana dapat dilihat dari banyaknya rumah makan baru
atau dengan membuka cabang didaerah lain. Salah satu rumah makan yang menjual
daging ayam olahan dan berkembang sangat pesat belakangan ini adalah rumah
makan Ayam Bakar Wong Solo yang perkembangannya sangat pesat salah satunya
cabang Makassar.
Rumah makan
Ayam Bakar Wong Solo merupakan salah satu rumah makan yang sedang berkembang
saat ini. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1991, rumah makan ini terus
mengalami perkembangan dari tahun ketahun. Dengan sistem waralaba yang
dijalankannya, jumlah outlet-nya terus bertambah. Pada tahun 2010 jumlah
outlet-nya sudah mencapai 42 buah yang tersebar di beberapa kota
besar di Indonesia. Selain di dalam negeri, rumah makan Ayam Bakar Wong Solo
juga sudah berhasil memasuki pasar luar negeri. Hal ini ditandai dengan
dibangunnya dua buah outlet di Negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo di Indonesia
salah satunya adalah rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar yang
berlokasi di Jalan Sultan Alauddin (Samping Kampus Nobel) Makassar, dimana tempatnya cukup
strategis. Dalam perkembangannya, rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang
Makassar tidak luput dari tingkat persaingan yang ketat, persaingan yang
semakin ketat tersebut menuntut rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang
Makassar untuk menerapkan strategi bersaing yang tepat untuk memenangkan
persaingan di industri rumah makan. Agar berhasil dalam persaingan rumah makan
Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar harus mampu secara efisien menyediakan
produk kepada pelanggan, dengan pelayanan dan mutu yang lebih baik dalam
memuaskan kebutuhan pelanggannya, dalam memenuhi kebutuhan tersebut perusahaan
harus memiliki kinerja yang baik sehingga akan menentukan keberhasilan dalam
persaingan oleh karena terciptanya kepuasan pelanggan terhadap kinerja rumah
makan ayam bakar Wong Solo dalam menyediakan ayam bakar yang diminta oleh
setiap konsumennya.
Fenomena yang terjadi di rumah makan Ayam Bakar Wong Solo
Cabang Makassar semakin hari pengunjung yang datang berbelanja dirumah makan
tersebut semakin berkurang hal itu disebabkan karena tingginya persaingan
dengan banyaknya rumah makan sejenis yang semakin menjamur yang juga menyajikan
ayam bakar sebagai menu utamanya sehingga konsumen menjadi tersebar hal ini
kemungkinan diakibatkan pula karena kinerja rumah makan dalam memberikan
pelayanan ditunjang dengan kualitas rasa makanan dan harga sajian ayam bakar
yang relatif mahal menjadi pertimbangan bagi setiap konsumen sehingga memilih
rumah makan lain dalam memenuhi kebutuhan mereka terhadap makanan khusunya ayam
bakar.
Kinerja rumah makan terkait rantai pasokan sangat
menentukan keberhasilan rumah makan dalam memenangkan persaingan hal itu
disebabkan karena rantai pasokan merupakan suatu jaringan yang sangat berperan
penting dalam penyediaan dan pendistribusian bahan baku sehingga pasokan yang
lancar yang masuk ke dalam perusahaan atau rumah makan mampu memenuhi permintaan
pelanggan yang bervariasi dari pelanggan satu dengan pelanggan lainnya, rumah
makan sebagai tempat memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap permintaan ayam
bakar harus mampu mengantisipasi dan memenuhi setiap kebutuhan pelanggan
sehingga kinerja yang dihasilkan mampu diterima oleh pelanggan secara positif
dan berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan dalam memperoleh laba.
Kinerja rantai pasok rumah makan ayam bakar Wong Solo
cabang Makassar merupakan suatu unjuk hasil yang diberikan oleh pemasok terhadap
kebutuhan rumah makan dalam memenuhi keinginan ataupun permintaan pelanggan terhadap
pesanan ayam bakarnya sehingga penting bagi rumah makan dalam memberikan yang
terbaik bagi para pelanggannya agar tercipta kepuasan terhadap pelanggan.
Pelanggan sangat berperan dalam mengetahui seberapa besar kinerja rantai pasok
rumah makan dalam menyediakan ayam bakar yang pelanggan butuhkan dimana pasokan
yang lancar dengan kualitas yang baik akan menghasilkan produk olahan yang baik
jika kinerja rumah makan terus ditingkatkan dengan menyediakan pesanan ayam
bakar yang pelanggan butuhkan sehingga ayam kampung yang berasal dari pemasok
harus mampu disediakan oleh pemasok dengan waktu yang cepat, jumlah yang tepat,
dan dengan kualitas yang baik dengan harga yang sesuai sehingga kinerja rumah
makan dalam mengelola pasokan tersebut dapat dinilai dengan baik oleh pelanggan
itu sendiri sehingga penilaian pelanggan tersebut mampu memberikan umpan
positif terhadap rumah makan dalam meningkatkan kinerja rantai pasok rumah makan
agar dapat menciptakan nilai secara keseluruhan dan memperoleh keunggulan dalam
bersaing dengan rumah makan pesaingnya.
Berdasarkan uraian dan permasalahan yang telah
dipaparkan maka akan dilakukan
penelitian yang berjudul “Penilaian
Pelanggan Terhadap Kinerja Rantai Pasok Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang
Makassar”.
Judul : Penilaian Pelanggan Terhadap Kinerja Rantai Pasok Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar (PM-44)
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar