Model Pakem Dengan Pendekatan Tematik Untuk Sains Kelas Ii Sd Negeri Sekaran I TAHUN 2008/2009 (PMT-7)


Mutu  pendidika perlu   ditingkatka untuk   mewujudkan   manusia   yang berkualitas  tinggi,   diantaranya   pendidika di  SD   N  Sekaran  I.  Untuk meningkatkan kualitas siswa, dalam proses belajar mengajar diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan mutu pendidikan siswa.
Selama  ini,  pembelajaran  cara  lama  di  mana  guru  mengajar  dengan berceramah,   siswa   sering   diperlakukan   sam oleh   gur baik   dalam pelaksanaan KBM (Kegiatan  Belajar Mengajar)  maupun evaluasi. Berbagai kemampuan  siswa  (belajar  mandiri,  bekerjasama,  berpikir  kritis,  mencari informasi,                   memecahkan      masalah,            mengambil        keputusan dsb) tidak dikembangkan untuk memberikan bekal bagi mereka untuk terjun ke dunia modern  yang penuh tantangan dan persaingan  antar bangsa. Philip Rekdale (2005) melakukan penelitian menyangkut sejauh mana PAKEM mendukung pelaksanaan  Kurikulum   Tingkat   Satuan   Pendidika (KTSP).   


Penelitian tersebut meliputi dua  aspek yaitu mereka perlu mulai belajar mengenai cara mereka  belajar             (learning   how   to  learn),  cara  belajar  secara penemuan (discovery), secara kreatif, analisa,  dan kritis, supaya mereka dapat menjadi pelajar  selama  hidup  (life  long  learner)  yang  efektif.  Melalui  pendekatan Tematik,            pembelajaran     PAKEM          dapat    diimplementasikan sehingga memungkinkan keterlibatan siswa dalam belajar, sehingga siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran (Sukayati,2004).
Keberhasilan  siswa  selama  ini  hanya  dilihat  dengan  menggunakan ukuran UAN (Ujian Akhir Nasional) dan nilai NEM mencapai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 6,52. Telah disadari bahwa UAN hanya mengukur aspek kognitif saja (tingkat rendah dalam taksonomi Bloom). Di sisi lain, KBM yang berhasil adalah KBM yang dapat meningkatkan berbagai kemampuan  siswa.  Pembelajaran  di kelas  II  SD  Negeri  Sekaran  I  telah menggunakan pendekatan  tematik tetapi belum menerapkan model PAKEM, siswa-sisw kela I d S Neger Sekaran   I  belajar   sains   dengan mendengarkan   cerama dari   guru,   jika   guru   mengajar  hany dengan berceramah  maka  kemampuan  yang  dikembangkan  pada  diri  siswa adalah kemampuan  mendengarkan,  mengingat,  dan  menjawab  pertanyaan  dengan menggunakan ingatan. Semuanya dengan daya retensi  yang sangat rendah. Akibatnya  siswa  tidak  terlatih  mencari  informasi,   menyaring   informasi, menggunakan  informasi,  berdiskusi,   mengajukan   pertanyaan,   melakukan pengamatan,  penelitian,  percobaan,  membuat  laporan  dsb.  Jika  dilihat  dari hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada masalah yang harus  segera diselesaikan  dala pembelajaran   di   SD   pad kelas   rendah   khususnya pengembangan kemampuan  dasar  kognitif,   serta  hasil  belajar  mengenal konsep  Sains.  Oleh karena  itu  perlu  dikembangkan  model  pembelajaran PAKEM   dengan  pendekatan   Tematik   Sain SD   untuk   menumbuhkan keterampilan berpikir.



Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan