Toko Yuanita Purwodadi merupakan perusahaan perseorangan yang bergerak dalam bidang perdagangan. Tujuan
utama perusahaan adalah untuk bisa meningkatkan jumlah penjualan dalam rangka memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus mempunyai perencanaan yang baik. Dalam menentuk<.span>an atau membuat suatu perencanaan dibutuhkan dasar dan alasan yang kuat, berdasarkan situasi sekarang atau yang sudah terjadi.
Perubahan suatu
kejadian dapat
dinyatakan dengan perubahan nilai variabel.
Produksi,
hasil penjualan,
biaya
produksi, harga
hasil
produksi, pendapatan, umur, dan curah hujan adalah beberapa contoh nilai variabel yang
selalu
berubah.
Apabila nilai variabel
itu tetap dari
suatu waktu ke waktu berikutnya, maka mudah sekali untuk membuat peramalan yang tepat sesuai kenyataan. Akan tetapi, pada umumnya nilai suatu variabel selalu berubah. Itulah sebabnya ramalan tentang suatu nilai variabel tidak selalu tepat sesuai kenyataan.
Toko Yuanita Purwodadi terletak di tengah-tengah pusat perbelanjaan masyarakat di kecamatan Kradenan, kecamatan Gabus, kecamatan Pulokulan, dan kecamatan
Ngaringan.
Letak
yang
strategis mendorong Toko
Yuanita Purwodadi untuk menjual
barang-barang
yang diperlukan masyarakat
di sekitar Toko
Yuanita
Purwodadi.
Toko Yuanita Purwodadi
adalah toko yang menjual
barang-barang kebutuhan masyarakat seperti alat kecantikan, alat tulis sekolah dan kantor
serta kebutuhan rumah tangga lainnya. Pakaian merupakan kebutuhan pokok masyarakat dan Toko Yuanita dalam memberikan pelayanan sangat ramah dan
harga barang-barang yang ditawarkan sesuai dengan keadaan sosial ekonomi masyarakat di sekitarnya.
Dalam keadaan ekonomi
yang
belum
pulih
akibat
krisis
moneter
seperti
saat ini Toko Yuanita Purwodadi sudah mengalami
kemajuan yang sangat baik. Hal ini
bisa dilihat dari barang yang dijual sudah bisa
menghasilkan pendapatan dan
keuntungan. Barang
yang
dijual
di Toko Yuanita Purwodadi tidak semua diminati oleh masyarakat, seperti peralatan dapur dan yang paling diminati oleh masyarakat adalah pakaian misalnya,
baju, celana, T-shirt, kaos kaki. Penulis tertarik untuk meningkatkan jumlah penjualan pakaian di Toko Yuanita Purwodadi yaitu dengan menambah variasi jenis pakaian. Untuk menentukan penambahan pakaian yang tepat, diperlukan peramalan.
Hasil peramalan jumlah penjualan merupakan data yang menunjukkan
tingkat kemampuan menjual dari Toko Yuanita Purwodadi untuk masa yang akan datang. Hasil ramalan jumlah penjualan sangat bermanfaat sebagai dasar perencanaan. Pemilihan metode peramalan yang tepat dapat meminimumkan kesalahan
dalam meramal (fordcast error), sehingga
hasil
peramalan bisa mendekati kenyataan.
Salah satu metode peramalan yaitu Auto Regresi dan Auto Korelasi. Metode ini
membahas tentang
pengaruh
dan hubungan antara
nilai
suatu variabel yang telah terjadi pada suatu periode dan yang terjadi pada periode
berikutnya. Untuk mengetahui besarnya pengaruh suatu variabel, digunakan Auto Regresi, sedangkan untuk mengukur kuat tidaknya hubungan variabel tersebut digunakan Auto Korelasi.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar