Penelitian ini merupakan penelitian yang
bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi
antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa, korelasi antara minat
belajar dengan prestasi belajar siswa, dan antara perhatian orang tua dan minat
belajar dengan prestasi belajar siswa,
dan sumbangan efektif antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan
prestasi belajar siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran
2004/2005.
Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004/2005
sebanyak 150 siswa dan diambil sebagai sampel sebanyak 38 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random
sampling dengan sistem undian. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket tertutup untuk masing-masing variabel. Dalam pengujian
hipotesis pertama dan kedua digunakan analisis regresi ganda. Kriteria
penolakan dan penerimaan uji hipotesis
menggunakan taraf signifikan 5 %.
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata hipotesis yang diajukan dapat
diterima. Terdapat hubungan yang positip dan signifikan antara perhatian orang
tua, prestasi belajar siswa, ada hubungan yang positip antara minat belajar
dengan prestasi belajar siswa. Dan ada hubungan yang positip antara perhatian
orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun
Pelajaran 2004/2005. Dengan koefisien determinannya ( R2 ) = 0,381 Perhatian
orang tua berada pada kategori sedang dengan prosentase 78,9 %, minat belajar
pada kategori tinggi dengan prosentase
92,1 %, dan prestasi belajar siswa berada pada kategori sedang dengan
prosentase 63,1 %. Adapun sumbangan efektif yang diberikan secara keseluruhan,
oleh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 102,6%.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar