BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam era globalisasi pasar
bebas memberi peluang munculnya berbagai jenis barang dan jasa dengan ratusan
merek yang terjual dipasaran. Persaingan antara merek dari setiap produk yang
semakin tajam, mengakibatkan setiap konsumen dapat memilih variasi merek produk
yang lebih berkualitas. Dengan memilih variasi merek produk yang lebih
berkualitas maka dalam menunjang pengambilan keputusan, setiap konsumen dapat
memilih sesuai dengan seleranya, daya belinya dan kualitas produk dengan harga
jual yang lebih murah.
Salah satu hal yang perlu
diperhatikan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran produk yang akan dijual
adalah dengan memahami kebutuhan konsumen, mengetahui kebutuhan konsumen dan
selera dari pada konsumen. Keputusan konsumen
merupakan hal yang penting, sebab dengan adanya pemahaman mengenai keputusan
konsumen maka perusahaan akan lebih mudah dalam membuat suatu perencanaan
pemasaran serta penetapan kebijakan pemasaran dan sebagai dasar dalam
pelaksanaan kegiatan pemasaran, alasannya karena berhubungan dengan produk yang
akan dijual kepada konsumen.
Menyadari
pentingnya mengenai keputusan konsumen, yang menjadi obyek dalam penelitian ini
adalah perusahaan Otomotif Demikian halnya dengan PT. Hadji Kalla Cabang
Alauddin Makassar yang bergerak dibidang dealer mobil merek Toyota, dalam
melakukan pemasaran mobil terjadi persaingan yang ketat, hal ini disebabkan
karena banyaknya perusahaan yang bermucnulan. Dengan munculnya beberapa jenis
produk mobil, maka setiap perusahaan berupaya dan bersaing dalam memasarkan
produk mobil Toyota dengan jenis dan type yang berbeda. Hal ini tentunya
menyebabkan konsumen semakin bebas memilih jenis mobil yang sesuai dengan
selera konsumen.
Salah satu tujuan kegiatan
pemasaran perusahaan adalah mempengaruhi konsumen atau calon konsumen agar
mereka mau membeli barang atau jasa perusahaan pada saat mereka membutuhkannya.
Sebelum kegiatan pemasaran dilakukan, perusahaan perlu mempelajari dan memahami
perilaku konsumen terlebih dahulu agar mereka dapat lebih tepat menetapkan
kegiatan pemasarannya. Salah satu perilaku konsumen yang penting adalah
perilaku dalam melakukan pembelian suatu barang atau jasa. Suatu kegiatan
pembelian yang nyata merupakan salah satu tahap dari keseluruhan proses mental
dan kegiatan fisik yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Keputusan untuk
melakukan pembelian merupakan salah satu tahapan dalam pembelian.
Untuk lebih meningkatkan
penjualan mobil, maka pihak perusahaan perlu memperhatikan strategi bauran pemasaran
dimana bauran pemasaran terdiri dari : produk, harga, promosi dan place. Keempat
faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Toyota
Kijang Innova yang ditawarkan oleh PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar
yang dapat dilihat melalui tabel berikut ini :
Tabel 1.1 Volume
Penjualan Mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Cabang
Alauddin
Makassar Tahun 2006 s/d tahun 2010
Tahun
|
Jenis
Mobil Toyota
|
Total
Penjualan
|
||||||
Vios
|
Yaris
|
Avansa
|
Innova
|
Pick
Up
|
Fortuner
|
Sedan
|
||
2006
|
171
|
185
|
219
|
191
|
398
|
215
|
121
|
1.500
|
2007
|
184
|
196
|
239
|
198
|
408
|
210
|
115
|
1.550
|
2008
|
198
|
218
|
298
|
311
|
498
|
215
|
262
|
2.000
|
2009
|
218
|
215
|
361
|
338
|
500
|
225
|
153
|
2.010
|
2010
|
196
|
178
|
310
|
308
|
390
|
288
|
245
|
1.915
|
Sumber
: PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar (data di olah)
Dari
tabel 1 yakni data penjualan mobil Toyota, khususnya dalam 5 tahun terakhir
(tahun 2006 s/d 2010), nampak bahwa penjualan mobil Toyota mengalami
peningkatan dalam tahun 2006 s/d tahun 2010. Dengan meningkatnya volume
penjualan mobil maka perlunya diketahui sejauh mana pengaruh bauran pemasaran
yang terrdiri dari produk, harga, promosi dan place terhadap keputusan
pembelian mobil.
Dari latar belakang masalah yang telah
dikemukakan maka penulis memilih judul skripsi sebagai berikut : " Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Toyota
Kijang Innova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar.”
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar