Analisis Usaha Pembibitan Anggrek Dalam Botol Pada Handoyo Budi Orchids Di Malang (PRT-120)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1                 Latar Belakang
Sektor pertanian     merupakan     andalan     bagi    negara- negara agraris. Kemajuan teknologi di berbagai bidang membawa dunia ke era globalisasi dan keadaan   ini  membawa   dunia   perekonomian   yang   berpola   agribisnis   dan agroindustri Indonesia kedunia perdagangan internasional.

Era globalisasi dicirikan antara lain oleh perdagangan yang semakin besar antar negara didunia termasuk diadakannya perdagangan komoditas hortikultura. Hal  ini  bararti  bahwa komoditads  hortikultura  Indonesia  mempunyai peluang untuk berperan dipasaran dunia disamping dipihak lain pasar dalam negri menjadi terbuka  untuk  pasaran  komoditas hortikultura  dari  luar  negri.  Sebagai  suatu peluang ekonomi (economy opportunity) yang sangat potensial,  bisnis tanaman hias  akan  dapat  memberikan  kontribusi  yang  berarti bagi  ekonomi  nasional dimasa  mendatang.  Kesempatan  ekonomi  yang  potensial  dapat direalisasikan apabila   sektor   ini   mendapatkan   penanganan   yang   cukup   dari  pemerintah (Anonymous, 1994).

Proses  pengembangan sektor   pertania n sampai saat   ini masih diprioritaskan  untuk    peningkatan      produksi pangan. Usaha- usaha untuk peningkatan  produksi  tanaman  hias masih  kurang  mendapat  perhatian  dari berbagai  pihak,   hal  tersebut  dapat  dimengerti mengingat  konsumen  untuk produksi  tanaman  hias  masih  sangat  terbatas  untuk masyarakat  dalam  negri. Setelah adanya rangsangan- rangsangan untuk kepentingan ekspor maka mulailah tanaman hias itu mendapat perhatian.

Indonesia sebagai negara tropis, terkenal juga memiliki berbagai macam jenis tanaman hias yang banyak diminati, meskipun tanaman hias bukanlah bahan pangan, tanaman hias terutama anggrek banyak juga diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat di negara lain. Tentunya kondisi  ini dapat dilihat sebagai tantangan sekaligus sebagai peluang dalam bisnis tanaman hias  anggrek  atau pembibitan anggrek, khususnya “Handoyo Budi    Orchids yang merupakan salah  satu dari sekian banyak tempat usaha pembibitan anggrek botol. Sebagai peluang apabila terbukanya  peluang  pasar  dalam  negri  karena  antara lain  disebabkan  oleh peningkatan   pendapatan  dan  kasejahteraan  masyarakat  serta berkembangnya pariwisata, agroindustri, dan toko atau kios bunga, sedangkan untuk peluang pasar di luar negri karena masih banyaknya  permintaan akan bunga potong anggrek yang belum terlayani.

Terbukanya peluang pasar akan memacu dan merangsang perkembangan usaha tanaman hias untuk pembibitan anggrek botol terutama pada “Handoyo Budi  Orchids”. Pengembangan  tanaman  hias  anggrek  khususnya  dilaksanakan melalui peningkatan kualitas hasil dan peningkatan teknologi pembibitan anggrek botol, sehingga dapat menghasilkan  tanaman anggrek berkualitas yang mampu bersaing dipasaran dalam negri dan luar negri.

Perkembangan  usaha  pembibitan  anggrek  botol  pada  “Hadoyo  Budi Orchids”  khususnya,  dapat  diketahui  jika  dilakukan  evaluasi  atas  kemampuan “Handoyo  Budi Orchids dalam  pengambilan  keputusan  ekonomi  dan  dalam menghasilkan  kas diantaranya  melalui  struktur  biaya,  laporan  laba-rugi,  dan neraca.
Dengan  alasan  inilah  penelitian  mengambil  judul:  “Analisis    Us aha Pembibitan anggrek Dalam Botol Pada Handoyo Budi Orchids Di Malang ”.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Partner

×

Contoh Tesis Pendidikan

Dapatkan file lengkap dalam FORMAT MS-WORD (*.Doc) Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka , untuk judul tersebut diatas. info lengkap dan judul terbaru bisa anda download di download

Semua itu anda bisa dapatkan secara Cuma-Cuma alias GRATISSSSSS.Anda hanya mengganti biaya pengetikan sebesar Rp. 125.000,- per judul (Kecuali Teknik harga Rp. 150.000) dan file-filenya akan kami kirimkan lengkap. (Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka).

Caranya? Lakukan pemesanan via SMS dengan mengetik judul yang diinginkan beserta KODE judul tersebut, kirim ke nomor 081 334 852 850. atau ke e-mail tesis_skripsi@yahoo.com

Dapatkan informasi judul-judul manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, manajemen pendidikan LENGKAP hanya di http://www.ilmiahmanajemen.blogpsot.com/

Kunjungi juga web kami di
http://www.kumpulantesis.blogspot.com/
http://www.ilmiahpertanian.blogspot.com/
http://www.ilmiahekonomi.blogspot.com/
http://www.tesis-ilmiah.blogspot.com/
http://www.tesis-ilmiah.com/
http://www.ilmiahmanajemen.blogspot.com/

Koleksi Judul TERBARU
hanya di www.ilmiahilmu.blogspot.com

Kumpulan TEsis dan Skripsi Terlengkap hanya di
www.ilmiahtesis.blogspot.com