Disadari ataupun tidak, hakikat segala sesuatu yang
ada didunia ini perlu diatur, pengaturan itu dimaksudkan untuk mengarah kepada
usaha kelancaran, keteraturan kedinamisan, dan ketertiban suatu usaha untuk
mencapaui tujuan yang dikehendaki. Terlebih lagi dunia pendidikan yang semakin
kompleks mutlak diperlukan manajerial yang memuat seperangkat konsep dan teori
yang dapat diaplikasikan secara komprehensip untuk mencapai tujuan pendidikan
yang sudah ditentukan.
Masalah Aqidah Akhlak adalah merupakan suatu masalah
yang sangat mendasar bagi setiap pribadi muslim dalam kehidupan sehari-hari
yang mampu mewarnai segala sikap dan prilakunya baik ketika berhubungan dengan
manusia maupun ketika berhubungan dengan alam sekitar, terlebih lagi dalam
berhubungan dengan Allah SWT. menuju keselamatan dunia dan akhirat.
Dalam kaitannya dengan hal ini, para filosof Islam
mengatakan bahwa betapa pentingnya periode anak dalam menentukan pribadi/budi
pekerti dan pembiasaan anak kepada tingkah laku yang baik pada masa kecilnya.
Para filosof Islam juga berpendapat bahwa pendidikan anak sejak kecilnya harus
mendapatkan perhatian yang penuh.
Pembentukan kerohanian atau kepribadian yang utama di
waktu kecilnya harus mendapat perhatian yang penuh, sangatlah penting artinya
bagi perkembangan anak. Karena apabila anak dibiarkan melakukan sesuatu yang
kurang baik dan kemudian telah menjadi kebiasaannya akan sukar untuk
meluruskannya. Hal tersebut akan menjadi konotasi bahwa pendidikan yang baik
wajib dimulai dari rumah dalam keluarga, sejak anak masih kecil, agar jangan
sampai anak-anak tanpa pendidikan, bimbingan dan petunjuk-petunjuk, dan bahkan
sejak waktu kecilnya ia harus dididik, sehingga anak tidak terbiasa dengan adat
yang kurang baik. Anak-anak bila dibiarkan saja, tidak diperhatikan, tidak
dibimbing, maka ia akan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik.
Keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar, dapat
dilihat dari sejauh mana tujuan-tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dapat
tercapai setelah berlangsungnya proses pengajaran. Oleh karena itu guru harus
merumuskan tujuan-tujuan mengajarnya dengan jelas, kongkrit dan sebaik-baiknya
demi perubahan anak didik, baik pengetahuan, percakapan, nilai sikap dan
tingkah laku, atau kepribadian maupun ketrampilan-ketrampilan.
Dalam hal ini tujuan pendidikan Aqidah Akhlak di
Madrasah Tsanawiyah adalah merupakan petunjuk, arah, dan sasaran yang hendak
dicapai. Tujuan ini menempati kedudukan sentral atau penting sekali, karena
merupakan tujuan akhir yang harus dicapai dalam setiap kegiatan dalam proses
belajar mengajar, sebab kedudukannya merupakan kegiatan yang bertujuan, terarah
dan dilaksanakan demi tercapainya tujuan pendidikan secara menyeluruh, baik
tujuan intruksional maupun tujuan Pendidikan Nasional.
menilik semua hal di atas, maka penulis bermaksud
untuk mengangkat bahan penelitian tentang “Pelaksanaan Pendidikan Aqidah Akhlak
di MTs. Al-Musyawirin Dusun Berembeng Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat
Kabupaten Lombok Tengah”.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar