BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Anak yang yang dapat menguasai dan menerapkan ilmu
agama (soleh) merupakan dambaan setiap orang tua. Tidak seorangpun orang tua
yang tidak mendambakan anak tumbuh menjadi anak yang soleh dan solehah. Tetapi
kenyataannya banyak sekali anak-anak yang berperilaku buruk. Kenyataan ini
tentu sangat mengecewakan pihak kedua orang tua.
Oleh karena itu, para orang tua hendaknya
mengetahui bagaimana mendidik anaknya agar mereka tumbuh menjadi insan yang
baik, insan yang soleh dan solehah, yang berhubungan baik dengan Allah, dan
berhubungan baik sesama manusia, dengan akhlak yang baik dan tentu berbakti
kepada kedua orang tua. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana orang tua itu
harus mendidik dan memberi contoh yang baik agar terbentuk pribadi yang
diinginkan, karena biasanya anak yang belum dewasa akan selalu melihat dan
meniru tabi’at orang tuanya. Orang tua yang terbiasa beperilaku baik, berakhlak
baik, maka dalam diri anak pun akan tumbuh dengan ketaatan dan mengikuti apa
yang dicontohkan orang tua, begitu pula sebaliknya.
Anak adalah mahluk yang sedang tumbuh, oleh karena
itu pendidikan penting sekali sejak bayi untuk mempertahankan maupun merawat
diri, dan semuanya itu tergantung kedua orang tuanya. Mengingat keterbatasan
orang tua sebagai pendidik, maka selain mendidik di rumah/keluarga maka anak
disekolahkan. Dengan demikian, pokok pendidikan dapat tercapai secara
keseluruhan dan ini tidak mungkin dilakukan sekali jadi, melainkan memerlukan
waktu yang amat panjang, yaitu mulai dari rumah sejak kanak-kanak hingga
menginjak dewasa.
Dalam
kaitannya dengan hal tersebut, para pendidik harus selektif dalam memilih dan
memikirkan moral yang harus dikembangkan dan dibina pada anak didik. Karena hal
itu tidak cukup hanya dengan mengisi ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya pada
anak didik atau hanya menekankan segi intelektual saja.
Masalah
perilaku adalah merupakan suatu masalah yang sangat mendasar bagi setiap
pribadi muslim dalam kehidupan sehari-hari yang mampu mewarnai segala sikap dan
prilakunya baik ketika berhubungan dengan manusia maupun ketika berhubungan
dengan alam sekitar, terlebih lagi dalam berhubungan dengan Allah SWT. menuju
keselamatan dunia dan akhirat.
Dalam
kaitannya dengan hal ini, para filosof Islam mengatakan bahwa betapa pentingnya
periode anak dalam menentukan pribadi/budi pekerti dan pembiasaan anak kepada
tingkah laku yang baik pada masa kecilnya. Para filosof
Islam juga berpendapat bahwa pendidikan anak sejak kecilnya harus mendapatkan
perhatian yang penuh.
Hal ini menjadikan orang tua memilih menyekolahkan
anaknya ke Pondok Pesantren atau Madrasah. Pondok Pesantren atau Madrasah
disamping mendidik dalam pengusaan ilmu pengetahuan, lembaga ini juga
memberikan pembinaan terhadap perilaku siswa. Pembinaan perilaku yang dilakukan
oleh Pondok Pesantren atau Madrasah, biasanya difokuskan pada Madrasah Diniyah
masing-masing Pondok Pesantren.
Madrasah Diniyah bukanlah lembaga pendidikan formal
yang mengikuti kurikulum nasional yang ditetapkan oleh Diknas maupun Depag.
Namun, pada hakekatnya tujuan didirikannya Madrasah Diniyah adalah untuk
memeberikan pendidikan ilmu-ilmu agama yang cukup kepada para santri.
Eksistensi Madrasah Diniyah semakin dibutuhkan
tatkala “jebolan” pesantren yang menyelenggarakan pendidikan formal (sistem
kurikulum nasional) ternyata kurang “mumpuni” dalam penguasaan ilmu agama
(Haedari dan El-Saha, 2004 : 91).
MTs. Al-Falah yang berada di bawah naungan Yayasan
Pondok Pesantren Al-Falah kampung Pancor Dao, Aik Darek Kecamatan Batu Kliang
adalah salah satu contoh pondok pesantren yang memfokuskan pembinaan
perilaku/akhlak melalui pembinaan santrinya di Madrasah Diniyah. Program
tersebut dinilai berhasil karena dengan adanya program tersebut siswa MTs.
Memiliki kepribadian yang relatif meningkat lebih baik.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merasa
tertarik untuk memilih penelitian yang terkait dengan tersebut dengan judul “Program dan Pembinaan Perilaku Siswa MTs
melalui Pembelajaran Tauhid di Madrasah Diniyah Al-Falah Pancordao Lombok Tengah Tahun 2006”.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar