Di dalam era globalisasi dan pasar bebas,
berbagai jenis barang dengan ratusan merek membanjiri pasar Indonesia. Persaingan antar merek
setiap produk akan semakin tajam dalam merebut konsumen. Bagi konsumen, pasar
menyediakan berbagai pilihan produk dan merek yang banyak. Konsumen bebas
memilih produk dan merek yang akan dibelinya. Keputusan membeli ada pada diri
konsumen. Konsumen akan menggunakan berbagai kriteria dalam membeli produk dan
merek tertentu, diantaranya adalah ia akan membeli produk yang sesuai
kebutuhannya, seleranya dan daya belinya. Konsumen tentu akan memilih produk
yang bermutu lebih baik dengan harga yang lebih murah.
Keputusan pembelian didefinisikan sebagai
pemilihan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif, menurut
Schiffman dan Kanuk (Sumarwan, 2003:289). Keputusan membeli oleh seorang
konsumen terhadap suatu produk diawali dengan kesadaran pembeli akan adanya
masalah kebutuhan. Konsumen menyadari bahwa terdapat perbedaan antara kondisi
sesungguhnya dengan kondisi yang diinginkan. Hal ini mengakibatkan konsumen
aktif mencari informasi yang lebih banyak untuk mengetahui produk yang
diminatinya. Setelah memperoleh informasi dan melakukan evaluasi barulah
seorang konsumen akan memutuskan untuk membeli suatu produk yang sesuai dengan
keinginan dan kebutuhannya. Sebelum keputusan tersebut diambil, seseorang akan
dihadapkan pada suatu proses pengambilan keputusan yang terdiri dari pengenalan
masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan purna beli
konsumen.
Oleh karena itu para pemasar berkewajiban untuk
memahami konsumen, mengetahui apa yang dibutuhkannya, apa seleranya dan
bagaimana ia mengambil keputusan sehingga dapat memproduksi barang yang sesuai
dengan kebutuhan konsumen. Pemahaman yang mendalam mengenai faktor-faktor apa
yang mempengaruhi konsumen sehingga melakukan pembelian, melalui : kualitas
produk, merek, harga dan promosi. Penelitian ini mengacu dari penelitian yang
dilakukan oleh Diah Pitaloka, 2010, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan
Masyarakat di USU Medan, dimana variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan
pembelian laptop adalah kualitas produk, merek, harga dan promosi.
Pentingnya faktor-faktor tersebut diketahui,
maka dalam penelitian ini dilakukan penelitian pada perusahaan Waralaba,
khususnya pada produk busana muslim. Dimana dalam memasarkan busana muslim,
maka perlu diperhatikan mengenai kualitas produk, harga, merek dan promosi.
Dimana kualitas produk berkaitan dengan daya tahan kain, keistimewaan,
keandalan, kesesuaian. Harga berkaitan dengan nilai yang disesuaikan dengan
produk busana muslim, merek adalah merupakan tangible dan intangible
yang terwakili dalam sebuah trademark
(merek dagang) yang mampu menciptakan nilai dan pengaruh tersendiri di pasar
bila diatur dengan tepat. Sedangkan promosi adalah komunikasi dari penjual yang
berasal dari informasi yang tepat dan bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah
laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga tetap
mengingat produk tersebut.
Berdasarkan uraian ini peneliti tertarik untuk
memilih judul penelitian “Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan
Pembelian Busana Muslim (Studi Kasus Perusahaan Waralaba)
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar