Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh
kondisi pembelajaran di sekolah, dimana siswa kurang mengusai materi bangun datar segi empat. Salah
satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran. Dari pengalaman selama
ini, cara guru mengajar menekankan pada penguasan konsep belaka. Konsep
merupakan hal yang sangat penting, namun bukan terletak pada konsep itu sendiri
tetapi terletak pada bagaimana sikap, keputusan dan cara-cara memecahkan masalah.
Untuk itu peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah strategi dan metode yang
digunakan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas yaitu dengan pendekatan
pembelajaran berbasis kontekstual. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis kontekstual ini, siswa
diajak untuk berpikir kritis dan terampil memecahkan masalah serta mampu
memahami konsep dan cara mengaitkannya dalam kehidupan nyata.
Yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana upaya
meningkatkan penguasaan konsep luas bangun datar segi
empat dengan menggunakan pembelajaran
berbasis kontekstual siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli Karangrejo tahun ajaran 2009/2010 2. Bagaimana tingkat
penguasaan peserta didik terhadap konsep luas bangun
datar segi empat dengan menggunakan
pembelajaran berbasis kontekstual siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli Karangrejo tahun
ajaran 2009/2010
Adapun yang menjadi menjadi tujuan penelitian ini
adalah 1) Untuk mengetahui upaya yang
dilakukan dalam meningkatkan penguasaan konsep luas
bangun datar segi empat dengan
pendekatan pembelajaran kontekstual siswa kelas VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo,
Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010, 2) Untuk mengetahui tingkat penguasan peserta
didik terhadap konsep luas bangun datar segi empat dengan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa kelas
VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010
Pendekatan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan ada dua jenis yaitu data
kuantitaf yang tediri dari hasil tes
yang dinilai dengan skor dan data
kualitatif yang terdiri dari hasil wawancara, catatan lapangan dan hasil
obervasi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs PSM Jeli,
Karangrejo, Tulungagung. Untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini
digunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, diskusi dengan teman sejawat dan
guru matematika serta konsultasi dengan pembimbimg.
Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan penguasaan konsep luas bangun datar segi empat dengan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa kelas
VIII MTs PSM Jeli, Karangrejo, Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010, dalam
penelitian ini dilakukan dua siklus, yang sebelumnya diadakan observasi awal.
Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi. Kemudian perencanaan kembali sama seperti pelaksanaan siklus pertama.
Dengan diterapkan pendekatan kontekstual dapat disimpulakan bahawa penguasaan siswa pada konsep luas bangun datar dengan pendekatan kontekstual adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan pada hasil yang dicapai siswa pada tes awal nilai rata-rata 57,69 mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 83,75% dan pada siklus II penguasaan siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata 88,57%.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar