Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Kurang
maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah Itu disebabkan,
metode pembelajaran dan modul pembelajaran yang digunakan masih bersifat
konvensional, sehingga iswa cepat bosan dan pada akhirnya bsebagian siswa belum
memahami konsep yang sudah diajarkan. Salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman
konsep siswa terhadap pelajaran matematika adalah menerapkan model pembelajaran Inquiry. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP Islam Durenan,
Trenggalek.
Permasalahan (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran inquiry
terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar
(prisma dan limas) siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan? (2) Adakah
pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap
pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (prisma
dan limas) siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan?
Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Sumber data dalam penelitian
eksperimen ini adalah siswa kelas VIII A SMP Islam Durenan yang diambil
berdasarkan teknik purposive sampling. Metode dan Instrumen pengumpulan data (1). Tes, (2)
Wawancara, (3) Observasi, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data data yang diambil dari hasil pretest dan posttest yang
dianalisis dengan metode statistic menggunakan uji-t.
Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap
pemahaman konsep matematika pada pokok
bahasan bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di SMP
Islam Durenan. (2). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model
pembelajaran Inquiry terhadap pemahaman
konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (prisma dan
limas) siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan.
Hasil Penelitian Penerapan
model pembelajaran Inquiry kelas VIII A di SMP Islam Durenan sangat
membantu siswa dalam pembelajaran matematika. Karena dengan adanya penerapan
model model pembelajaran Inquiry ini, siswa dapat lebih mudah memahami konsep yang abstrak dalam pembelajaran matematika. Sehingga
model pembelajaran inquiry ini mampu membuat mata pelajaran matematika yang
dianggab sulit dan menakutkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta
mampu dengan mudah diterima siswa. Jadi
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry terhadap
pemahaman konsep matematika pada pokok
bahasan bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII di SMP
Islam Durenan
Saran-saran : (1) Hasil
Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan
pemahaman konsep matematika. Oleh karena itu diharapkan guru bidnag study
matematika untuk menggunakan model pembelajaran inquiry sebagai alternative
pembelajaran matematika. (2) Mengingat banyak hal positif yang dapat diperoleh
seperti meningkatkan pemahaman konsep matematika, maka harus diperhatikan cara
penyampaian materi, metode yang digunakan, pengolahan kelas yang baik dan
pengaturan waktu pembelajaran seefisien mungkin sehingga tidak mengganggu proses belajar
mengajar.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar