Untuk
mengatasi ketidaksenangan peserta didik terhadap matematika diperlukan adanya
pembenahan baik di tenaga pendidikan maupun peserta didik itu sendiri. Apabila
pendidik mampu meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap matematika,
diharapkan kesulitan bisa diatasi. Untuk itu sangat diperlukan seorang tenaga
pendidikan yang kreatif dan profesional yang mampu menggunakan pengetahuan dan
kecakapannya dalam menggunakan pengetahuan dan dapat membawa perubahan dalam
tingkah laku anak didiknya.
Banyak
pendekatan pengajaran yang merangsang peserta didik untuk belajar mandiri,
kreatif, dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu
pendekatan pengajaran yang bisa digunakan dalam strategi pembelajaran
matematika yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk belajar mandiri,
lebih aktif, dan kreatif adalah dengan pendekatan Reciprocal Teahing. Reciprocal Teaching merupakan suatu pendekatan
terhadap pengajaran peserta didik akan strategi-strategi belajar, yang
menerapkan empat strategi yaitu: menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan
dan menyelesaikan, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperoleh,
kemudian memprediksikan pertanyaan apa yang selanjutnya dari persoalan yang
disodorkan kepada siswa.
Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah 1) Adakah Pengaruh
Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil
Belajar Matematika peserta didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di SMP Negeri
1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011?. 2) Seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal
Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika peserta didik kelas VII Pada Materi
Segi Tiga Di SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal
Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika peserta didik kelas VII Pada Materi
Segi Tiga Di SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011. 2) untuk
mengetahui seberapa besar Pengaruh
Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil
Belajar Matematika peserta didik kelas
VII Pada Materi Segi Tiga Di SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011.
Pola
penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian
ini adalah pengaruh pendekatan reciprocal
teaching. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika
peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu. populasi
dalam penelitian ini yaitu peserta
didik kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu yang berjumlah 321 peserta didik. Dalam pengambilan
sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu diambil dengan tujuan. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 74 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1
Boyolangu mulai tanggal 09-31 Mei 2011. Teknik yang digunakan untuk pengambilan
data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh,
diolah dengan teknik analisis t-test.
Dari hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil
belajar matematika peserta didik
kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu pada materi segitiga dengan nilai thitung
(= 4,747) > ttabel (5% = 2,000), yang berarti bahwa nilai thitung
lebih dari nilai ttabel pada taraf 5% (2). Sedangkan besar pengaruh pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil
belajar matematika peserta didik
kelas VII pada materi segi tiga di
SMP Negeri 1 Boyolangu adalah 19,94%.
Mengacu
dari hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran, yaitu: (1) Bagi
Kepala Agar tujuan Pendidikan Nasional dapat tercapai
secara maksimal sebagai kepala sekolah seharusnya selalu megupayakan dan
meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, guna mengembangkan
mutu pendidikan khususnya matematika. (2) Bagi guru, Agar
para peserta didik semangat
untuk selalu belajar dengan giat maka guru seharusnya berusaha untuk meningkatkan keilmuannya untuk meningkatkan
hasil belajar peserta
didik. (3 ) Hendaknya peserta didik dapat meningkatkan belajarnya dengan semangat yang
tinggi demi tercapainya hasil belajar yang maksimal.
(4) Diharapkan dapat mengembangkan pengetahuannya yang
berkaitan dengan belajar peserta didik. Sehingga peserta didik menjadi lebih aktif
dalam pembelajaran.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar