Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika peserta didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di SMP Negeri 1 Boyolangu (PMT-19)



Untuk mengatasi ketidaksenangan peserta didik terhadap matematika diperlukan adanya pembenahan baik di tenaga pendidikan maupun peserta didik itu sendiri. Apabila pendidik mampu meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap matematika, diharapkan kesulitan bisa diatasi. Untuk itu sangat diperlukan seorang tenaga pendidikan yang kreatif dan profesional yang mampu menggunakan pengetahuan dan kecakapannya dalam menggunakan pengetahuan dan dapat membawa perubahan dalam tingkah laku anak didiknya.
Banyak pendekatan pengajaran yang merangsang peserta didik untuk belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu pendekatan pengajaran yang bisa digunakan dalam strategi pembelajaran matematika yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk belajar mandiri, lebih aktif, dan kreatif adalah dengan pendekatan Reciprocal Teahing. Reciprocal Teaching merupakan suatu pendekatan terhadap pengajaran peserta didik akan strategi-strategi belajar, yang menerapkan empat strategi yaitu: menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikan, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperoleh, kemudian memprediksikan pertanyaan apa yang selanjutnya dari persoalan yang disodorkan kepada siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika peserta didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011?. 2) Seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika peserta didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika peserta didik kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011. 2) untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika peserta didik  kelas VII Pada Materi Segi Tiga Di SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011.

Pola penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh pendekatan reciprocal teaching. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika peserta didik  kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu. populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu yang berjumlah 321 peserta didik. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu diambil dengan tujuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 74 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Boyolangu mulai tanggal 09-31 Mei 2011. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test.
Dari hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Boyolangu pada materi segitiga dengan nilai thitung (= 4,747) > ttabel (5% = 2,000), yang berarti bahwa nilai thitung lebih dari nilai ttabel pada taraf 5%  (2). Sedangkan besar pengaruh pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII pada materi segi tiga di SMP Negeri 1 Boyolangu adalah 19,94%.
Mengacu dari hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran, yaitu: (1) Bagi Kepala Agar tujuan Pendidikan Nasional dapat tercapai secara maksimal sebagai kepala sekolah seharusnya selalu megupayakan dan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, guna mengembangkan mutu pendidikan khususnya matematika. (2) Bagi guru, Agar para peserta didik semangat untuk selalu belajar dengan giat maka guru seharusnya berusaha untuk  meningkatkan keilmuannya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. (3 ) Hendaknya peserta didik dapat meningkatkan belajarnya dengan semangat yang tinggi demi tercapainya hasil belajar yang maksimal. (4) Diharapkan dapat mengembangkan pengetahuannya yang berkaitan dengan belajar  peserta didik. Sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan