BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dunia pendidikan pada saat ini semakin kompleks dan
tentunya banyak sekali berbagai macam problematika yang muncul seiring
berjalannya waktu, namun dengan adanya problematika tersebut dunia pendidikann
khususnya di Indonesia
semakin lama semakin ada pembaharuan baik dari segi fisik maupun non fisik yang
berkaitan dengan pendidikan.
Dengan mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia
tahun 2003 tentang ssitem pendidikan nasional yang berisikan tentang fungsi dan
tujuan pendidikan nasional, maka banyak sekali upaya pemerintah serta
masyarakat Indonesia dalam memberikan pengorbanan demi kemajuan dunia
pendidikan nasional Indonesia.
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
Indonesia
yaitu :
“Pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupanbangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis sertabertanggung
jawa”.[1]
Selanjutnya dengan adanya tujuan yang dicanangkan itu
maka setiap individu masyarakat Indonesia
memiliki kewajiban untuk ikut berpartisipsi dalam upaya memajukan dunia
pendidikan Indonesia .
Apalagi dalam dunia sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan yang menyebar
diseluruh penjuru Indonesia .
Untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional
tersebut, maka dibutuhkan perencanaan serta aplikasi dari perencanaan itu yang
kemudian bisa didapatkan sebuah hasil darinya. Selain itu pemberian kelengkapan
sarana dan prasarana terhadap lembaga pendidikan juga sangat mempengaruhi
keberhasilan dari perencanaan tersebut.
Upaya kita dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia
yaitu dengan pengelolaan manajemen pendidikan pada lembaga-lembaga sekolah.
Seperti pendapat ngalim purwanto "Tanpa manajemen dan kepemimpinan yang
baik, sulit kiranya bagi sekolah untuk belajar lancar menuju kearah tujuan
pendidikan dan pengajaran yang dicapai sekolah itu".[2]
Manajemen pendidikan merupakan hal yang sangat
berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar pada lembaga sekolah dan ini
tidak bisa dikesampingkan karena pasti berdampak pada hasil / output dari proses pendidikan bila dalam
manajemen pendidikannya ada yang tidak beres.
Untuk itu pembenahan semua sistem yang berkaitan
dengan dunia pendidikan di Indonesia
harus selalu diupayakan untuk semakin diperbaiki, karena hanya itulah yang bisa
menjadi harapan kita untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia .
Sejalan berlalunya waktu tentunya sudah banyak yang
dikerjakan dalam pembenahan dunia pendidikan Indonesia, namun masih banyak
kekurangan-kekurangan yang semestinya sudah tidak ada lagi, dan itu perlu
dikaji bahkan diteliti sampai pada akar permasalahannya, kenapa hal ini bisa
terjadi, untuk itulah penelitian ini penulis fokuskan pada permaslahan
manajemen pendidikan yang kiranya memiliki pengaruh terhadap kemajuan
pendidikan nasional Indonesia.
Dalam penelitian ini penulis mencari sumber penelitian
tepatnya di MAN Tulungagung 1, Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, MAN Tulungagung 1
merupakan sekolah setingkat SMA yang memiliki peraturan yang cukup ketat dalam
mewujudkan lingkungan belajar yang baik guna mencapai tujuan pendidikan. Mulai
dari kegiatan belajar wajib sampai kegiatan pelajaran tambahan yang diadakan di
sekolah. Selain siswa diharuskan mengikuti pelajaran, pihak sekolah juga
mengharuskan siswa untuk mengikuti atau menunaikan ibadah sesuai jadwal yang
ditentukan sebagai contoh tilawah atau baca Al Quran setiap pagi dan shalat
berjama’ah setiap shlat dzuhur ini dilakukan dengan tujuan agar semua siswa
dapat membiasakan diri untuk beribadah sesuai ajaran agama Islam. Dalam proses
itu semua pasti tidak lepas dari peran aktif manajemen pendidikan yang dikelola
oleh MAN Tulungagung 1.
Untuk itulah peneliti berusaha mencari peran manajemen
pendidikan terhadap kwalitas proses belajar mengajar di MAN Tulungagung 1.
skripsi pendidikan agama islam, skripsi pendidikan agama islam kualitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam download, skripsi pendidikan agama islam tentang akhlak, skripsi pendidikan agama islam pdf, skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi pendidikan agama islam kualitatif, skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, abstrak skripsi pendidikan agama islam, contoh abstrak skripsi pendidikan agama islam, proposal skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, skripsi pendidikan agama islam pada anak usia dini, artikel skripsi pendidikan agama islam, angket skripsi pendidikan agama islam, analisis skripsi pendidikan agama islam, contoh skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, skripsi pendidikan agama islam bab 1, judul skripsi pendidikan agama islam beserta rumusan masalah, bahan skripsi pendidikan agama islam, latar belakang skripsi pendidikan agama islam, bab i skripsi pendidikan agama islam, contoh latar belakang skripsi pendidikan agama islam, contoh bab 1 skripsi pendidikan agama islam, skripsi motivasi belajar pendidikan agama islam, skripsi peranan pendidikan agama islam dalam membina etika berpakaian siswi, skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap motivasi sholat berjamaah, contoh skripsi pendidikan agama islam di sd, contoh proposal skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, judul skripsi pendidikan agama islam.com, contoh skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, contoh skripsi pendidikan agama islam, contoh skripsi pendidikan agama islam pdf, contoh skripsi pendidikan agama islam kualitatif, contoh skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, contoh skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah pdf, contoh skripsi pendidikan agama islam lengkap, skripsi pendidikan agama islam dalam keluarga, skripsi pendidikan agama islam di tk, skripsi pendidikan agama islam document, skripsi pendidikan agama islam di smp, contoh proposal skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif doc, skripsi pendidikan agama islam kualitatif doc, skripsi evaluasi pendidikan agama islam, skripsi eksperimen pendidikan agama islam, skripsi efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam, skripsi efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, contoh judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, file skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, download skripsi pendidikan agama islam tarbiyah gratis, judul skripsi pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif, judul skripsi pendidikan agama islam terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi jurusan pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam 2016, kumpulan skripsi pendidikan agama islam pdf, judul skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam lengkap, judul skripsi pendidikan agama islam library research, judul skripsi pendidikan agama islam literatur
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar