Peran manajemen pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar di MAN Tulungagung 1 (PAI-49)


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dunia pendidikan pada saat ini semakin kompleks dan tentunya banyak sekali berbagai macam problematika yang muncul seiring berjalannya waktu, namun dengan adanya problematika tersebut dunia pendidikann khususnya di Indonesia semakin lama semakin ada pembaharuan baik dari segi fisik maupun non fisik yang berkaitan dengan pendidikan.
Dengan mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia tahun 2003 tentang ssitem pendidikan nasional yang berisikan tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional, maka banyak sekali upaya pemerintah serta masyarakat Indonesia dalam memberikan pengorbanan demi kemajuan dunia pendidikan nasional Indonesia.
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional Indonesia yaitu :
“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupanbangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis sertabertanggung jawa”.[1]


Selanjutnya dengan adanya tujuan yang dicanangkan itu maka setiap individu masyarakat Indonesia memiliki kewajiban untuk ikut berpartisipsi dalam upaya memajukan dunia pendidikan Indonesia. Apalagi dalam dunia sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan yang menyebar diseluruh penjuru Indonesia.
Untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional tersebut, maka dibutuhkan perencanaan serta aplikasi dari perencanaan itu yang kemudian bisa didapatkan sebuah hasil darinya. Selain itu pemberian kelengkapan sarana dan prasarana terhadap lembaga pendidikan juga sangat mempengaruhi keberhasilan dari perencanaan tersebut.

Upaya kita dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu dengan pengelolaan manajemen pendidikan pada lembaga-lembaga sekolah. Seperti pendapat ngalim purwanto "Tanpa manajemen dan kepemimpinan yang baik, sulit kiranya bagi sekolah untuk belajar lancar menuju kearah tujuan pendidikan dan pengajaran yang dicapai sekolah itu".[2]
Manajemen pendidikan merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar pada lembaga sekolah dan ini tidak bisa dikesampingkan karena pasti berdampak pada hasil / output dari proses pendidikan bila dalam manajemen pendidikannya ada yang tidak beres.
Untuk itu pembenahan semua sistem yang berkaitan dengan dunia pendidikan di Indonesia harus selalu diupayakan untuk semakin diperbaiki, karena hanya itulah yang bisa menjadi harapan kita untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.
Sejalan berlalunya waktu tentunya sudah banyak yang dikerjakan dalam pembenahan dunia pendidikan Indonesia, namun masih banyak kekurangan-kekurangan yang semestinya sudah tidak ada lagi, dan itu perlu dikaji bahkan diteliti sampai pada akar permasalahannya, kenapa hal ini bisa terjadi, untuk itulah penelitian ini penulis fokuskan pada permaslahan manajemen pendidikan yang kiranya memiliki pengaruh terhadap kemajuan pendidikan nasional Indonesia.
Dalam penelitian ini penulis mencari sumber penelitian tepatnya di MAN Tulungagung 1, Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, MAN Tulungagung 1 merupakan sekolah setingkat SMA yang memiliki peraturan yang cukup ketat dalam mewujudkan lingkungan belajar yang baik guna mencapai tujuan pendidikan. Mulai dari kegiatan belajar wajib sampai kegiatan pelajaran tambahan yang diadakan di sekolah. Selain siswa diharuskan mengikuti pelajaran, pihak sekolah juga mengharuskan siswa untuk mengikuti atau menunaikan ibadah sesuai jadwal yang ditentukan sebagai contoh tilawah atau baca Al Quran setiap pagi dan shalat berjama’ah setiap shlat dzuhur ini dilakukan dengan tujuan agar semua siswa dapat membiasakan diri untuk beribadah sesuai ajaran agama Islam. Dalam proses itu semua pasti tidak lepas dari peran aktif manajemen pendidikan yang dikelola oleh MAN Tulungagung 1.
Untuk itulah peneliti berusaha mencari peran manajemen pendidikan terhadap kwalitas proses belajar mengajar di MAN Tulungagung 1.





skripsi pendidikan agama islam, skripsi pendidikan agama islam kualitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam download, skripsi pendidikan agama islam tentang akhlak, skripsi pendidikan agama islam pdf, skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi pendidikan agama islam kualitatif, skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, abstrak skripsi pendidikan agama islam, contoh abstrak skripsi pendidikan agama islam, proposal skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, skripsi pendidikan agama islam pada anak usia dini, artikel skripsi pendidikan agama islam, angket skripsi pendidikan agama islam, analisis skripsi pendidikan agama islam, contoh skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, skripsi pendidikan agama islam bab 1, judul skripsi pendidikan agama islam beserta rumusan masalah, bahan skripsi pendidikan agama islam, latar belakang skripsi pendidikan agama islam, bab i skripsi pendidikan agama islam, contoh latar belakang skripsi pendidikan agama islam, contoh bab 1 skripsi pendidikan agama islam, skripsi motivasi belajar pendidikan agama islam, skripsi peranan pendidikan agama islam dalam membina etika berpakaian siswi, skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap motivasi sholat berjamaah, contoh skripsi pendidikan agama islam di sd, contoh proposal skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, judul skripsi pendidikan agama islam.com, contoh skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, contoh skripsi pendidikan agama islam, contoh skripsi pendidikan agama islam pdf, contoh skripsi pendidikan agama islam kualitatif, contoh skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, contoh skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah pdf, contoh skripsi pendidikan agama islam lengkap, skripsi pendidikan agama islam dalam keluarga, skripsi pendidikan agama islam di tk, skripsi pendidikan agama islam document, skripsi pendidikan agama islam di smp, contoh proposal skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif doc, skripsi pendidikan agama islam kualitatif doc, skripsi evaluasi pendidikan agama islam, skripsi eksperimen pendidikan agama islam, skripsi efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam, skripsi efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, contoh judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, file skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, download skripsi pendidikan agama islam tarbiyah gratis, judul skripsi pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif, judul skripsi pendidikan agama islam terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi jurusan pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam 2016, kumpulan skripsi pendidikan agama islam pdf, judul skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam lengkap, judul skripsi pendidikan agama islam library research, judul skripsi pendidikan agama islam literatur




Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan