Pengaruh Pelayanan Bimbingan dan Konseling terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung (BK-6)


Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh peran bimbingan dan konseling di sekolah yang selama ini masih mengarah pada siswa yang bermasalah saja, sehingga banyak anggapan bimbingan dan konseling itu ‘musuh’ bagi siswa yang nakal. Akibatnya siswa menjadi takut dan tidak membutuhkan adanya  bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling itu seharusnya tidak hanya menangani siswa yang bermasalah tetapi juga siswa yang tidak bermasalah, termasuk siswa yang berprestasi. Dalam hal ini penulis menghubungkan pelayanan bimbingan dan konseling dengan motivasi belajar siswa di MTsN Pulosari.

Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana gambaran secara umum tentang bimbingan belajar, bimbingan karir, bimbingan pribadi-sosial dan motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009? (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009? (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan karir terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009?              (4) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan pribadi-sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009? (5) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara bimbingan belajar, bimbingan karir dan bimbingan pribadi-sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009?
Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran secara umum tentang bimbingan belajar, bimbingan karir, bimbingan pribadi-sosial dan motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009. (2) Untuk mengatahui terdapat atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009.     (3) Untuk mengatahui terdapat atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara bimbingan karir terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009. (4) Untuk mengatahui terdapat atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara bimbingan pribadi-sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009.     (5) Untuk mengatahui terdapat atau tidaknya pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara bimbingan belajar, bimbingan karir dan bimbingan pribadi-sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah total 105 siswa. Dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael didapat sampel sebanyak 84 siswa dengan teknik simple random sampling. Sedangkan teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi, dokumentasi dan angket. Khusus angket disebarkan pada seluruh siswa kelas VIII yang kemudian diambil sesuai sampel untuk diukur dengan memberi skor untuk setiap jawaban. Untuk selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik dengan analisis regresi linier berganda memakai uji t dan uji F dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian setelah diadakan analisis (1) Secara deskriptif pelayanan bimbingan belajar di MTsN Pulosari pada siswa kelas VIII dalam kategori baik, yaitu 25 % dan memberikan sumbangan sebesar 42,6 % terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan pelayanan bimbingan karir di MTsN Pulosari pada siswa kelas VIII dalam kategori cukup, yaitu 22,6 % dan memberikan sumbangan sebesar 28 % terhadap motivasi belajar siswa. Pelayanan bimbingan pribadi-sosial di MTsN Pulosari pada siswa kelas VIII dalam kategori cukup, yaitu 31 % dan memberikan sumbangan sebesar 26,9 % terhadap motivasi belajar siswa. Dan yang terakhir motivasi belajar siswa di MTsN Pulosari pada siswa kelas VIII dalam kategori sedang, yaitu 25 %; (2) Secara statistik dengan analisis regresi linier berganda didapat persamaan                  Y = 0,710 + 0,406X1 + 0,245X2 + 0,245X3, dan nilai R = 0,709 dan R2 = 0,502. Pelayanan bimbingan belajar secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi t yang lebih kecil dari α (0,000 < 0,05) dan thitung yang lebih besar dari ttabel (5,038 > 2,000); Pelayanan bimbingan karir secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi t yang lebih kecil dari α (0,001 < 0,05) dan thitung yang lebih besar dari ttabel (3,315 > 2,000); Pelayanan bimbingan pribadi-sosial secara parsial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi t yang lebih kecil dari α (0,004 < 0,05) dan thitung yang lebih besar dari ttabel  (3,001 > 2,000); Pelayanan bimbingan belajar, bimbingan karir, bimbingan pribadi-sosial secara simultan (bersama-sama) memebrikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi F yang lebih kecil dari α   (0,000 < 0,05) dan Fhitung yang lebih besar dari Ftabel (26,925 > 8,570).

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan