Perbedaan Latihan Incline Press Beban Tetap Set Meningkat Dan Beban Meningkat Set Tetap Terhadap Hasil Tolak Peluru Putra Pada Siswa Smp Negeri 10 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2005/2006 (POL-11)

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Alasan Pemilihan Judul

Upaya untuk meningkatkan kinerja dalam bidang olahraga sebagai sarana yang ingin  dicapai dalam pengembangan dan penbangunan olahraga di indonesia akan membutuhkan waktu dan proses pembinaan yang lama. Usaha untuk mencapai kemampuan yang diinginkan membutuhkan perhitungan secara masak dengan suatu usaha pembinaan dan pembibitan secara dini  serta melalui pendidikan dengan ilmu pengetahuan  dan  teknologi  yang  terkait.  Pembinaan  dan  pengembangan  olahraga yang merupakan bagian upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia  diarahkan pada  peningkatan  kesehatan  jasmani, mental  dan  rohani  serta  ditujukan  pada peningkatan kesehatan jasmani dan rohani seluruh masyarakat. Menurut Sanjoto bahwa untuk mencapai suatu  prestasi dalam olahraga merupakan usaha benar-benar harus  diperhitungkan secara masak dengan suatu usaha pembinaan melalui suatu pembibitan secara dini, serta peningkatan melalui pendekatan ilmiah terhadap ilmu- ilmu yang terkait (1995:2).

Tolak peluru adalah salah satu nomor yang terdapat dalam olahraga lempar pada  cabang  atletik. Sesuai  dengan  namanya,  maka  peluru  tidak  dilempar  tetapi ditolak atau didorong yaitu  berupa dorongan dari bahu yang kuat disertai dengan gerak merentangkan lengan, pergelangan  tangan dan jari-jari yang terarah dengan tujuan agar didapat jarak tolakan yang maksimal (Jarver, 1999:112).

Pada tolak peluru lutut, pinggang, bahu, siku, pergelangan tanga dan sendi jari-jari  tangan,  semua harus digunakan untuk menggunakan kekuatan paling besar pada peluru. Siswa sering melewatkan gerakan sendi awal seperti gerakan lutut dan pinggang  atau  gagal   menyelesaikan   suatu  gerakan secara penuh  dengan  tidak menggunakan pergelangan tangan dan  jari-jari tangan. Kecepatan siswa pada saat menolak peluru atau kecepatan peluru pada saat lepas, adalah faktor yang terpenting. Lebih besar kecepatan berarti lebih jauh jarak yang dicapai. Tahanan udara atau angin juga dapat mempengaruhi jarak yang ditempuh atau jarak capai peluru oleh siswa (PASI, 1993:33-36).


Di sekolah minat siswa perlu dikembangkan, sehingga siswa menjadi senang terhadap  atletik, Olahraga atletik khususnya nomor tolak peluru diberikan kelas 1 semester 2, siswa yang  berprestasi akan disenangi temen-temennya, apalagi ramah, cepat dalam memecahkan  masalah-masalah, atletik memiliki pemikiran-pemikiran yang maju (Harsono, 1986:5). Penampilan  seorang siswa dalam melakukan tolak peluru bisa dianalisa dalam sudut pandang kinesiologi atau ilmu gerak dan dari sudut pandang  biomekanika  (ilmu  yang  mempelajari  tentang  kekuatan   internal  atau eksternal  yang bekerja  dalam  tubuh  siswa  serta  akibat  yang  ditimbulkan  dari kekuatan tersebut (Rossel, 1984 :143).

Diantara  faktor  yang  terkait  dalam  cabang  olahrga  yang  ditekuni,yang terpenting untuk tolak peluru adalah kekuatan dan kecepatan, karena jika lengan tidak kuat, dia tidak mampu menolak peluru dengan cepat. Untuk itu perlu dilatih latihan kekuatan dan kecepatan (daya ledak). Kekuatan adalah energi untuk melawan tahanan atau kemampuan untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan (resistance) (Harsono, 1986:47).

Dengan demikian agar prestasi olahraga berhasil dengan baik, sesuai yang diharapkan,  maka harus memperhatikan beberapa faktor yang terkait dalam cabang olahrga yang ditekuni.

Cara yang baik untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatan adalah latihan beban salah  satunya incline press. Incline press adalah salah satu bentuk latihan mengangkat  beban  (barbel)  dengan  cara tidur  di  atas  bangku  lereng  (Sanjoto, 1995:42).  Karena   incline   press   merupakan   salah   satu  bentuk   latihan   untuk mengangkat  kekuatan dan kecepatan. Hal ini sangat beralasan karena hasil tolakan yang jauh sangat ditentukan oleh kekuatan dan kecepatan lengan sehingga kekuatan dan kecepatan otot lengan sangatlah penting dalam usaha untuk mencapai hasil tolak peluru yang sejauh-jauhnya. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan beban tetap set meningkat dan beban meningkat set tetap. Hal ini sesuai dengan pendapat Moeloek dan Artjatmo bahwa, berat latihan dapat diberikan dengan  berbagai  cara,  antara  lain  meningkatkan  frekuensi  latihan,  lama latihan, ulangan  dalam  suatu  bentuk  latihan  atau  gerakan,  berat  beban  atau  alat  yang digunakan,  kesukaran  dalam  suatu  latihan  dan  memperpendek  interval  latihan (1984:13).

Dari uraian di atas alasan-alasan pemilihan judul ini adalah :
  1. Kekuatan dan kecepatan merupakan faktor yang penting untuk meningkatkan hasil tolak peluru. 
  2. Latihan   incline   press   dapat   digunakan   sebaga latihan   kekuatan   dan kecepatan.


Judul : Perbedaan Latihan Incline Press Beban Tetap Set Meningkat Dan Beban Meningkat Set Tetap Terhadap Hasil Tolak Peluru Putra Pada Siswa Smp Negeri 10 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2005/2006 (POL-11)



Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan