BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang kian pesat
dan perubahan global dalam berbagai aspek kehidupan yang datang begitu cepat
menjadi tantangan bangsa
dalam mempersiapkan generasi
masa depan, termasuk peserta didik.
Untuk menghadapi dinamika dan mengantisipasi persoalan-persoalan
kemungkinan besar
sudah atau akan terjadi
dalam bidang pendidikan perlu disiapkan perangkat aturan
atau
kurikulum yang berbasis kompetensi.
Kompetensi tersebut diharapkan dapat mengembangkan ketrampilan dan keahlian untuk dapat mempertahankan hidup di tengah perubahan dunia yang
tiba-tiba, cepat, rumit,
tidak pasti dan tidak menentu.
SMP Negeri 1 Adiwerna
termasuk sekolah unggulan
di Kabupaten Tegal dan sekolah yang berstandar nasional
(SSN) dalam pembelajarannya menggunakan kurikulum 2004 yang berbasis pada kompetensi.
Namun
kenyataannya berdasarkan pengamatan dan
pengalaman guru
pengajar
matematika SMP Negeri 1 Adiwerna, masih banyak
siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya materi Pythagoras masih mengalami kendala dan belum memperoleh
hasil yang memuaskan. Hal ini bisa dilihat dari
hasil ulangan harian untuk pokok bahasan
tersebut diatas
mempunyai rata-rata nilai 65,1 padahal nilai batas tuntas sekolah yaitu 67.
Mengingat kondisi tersebut di
atas,
maka dalam
pembelajaran
matematika, peneliti berupaya untuk merancang
model pembelajaran dan pendekatan serta
pemilihan
media yang tepat agar tujuan pembelajaran matematika
berhasil.
Minat siswa
perlu dibangkitkan dalam proses
pembelajaran dengan variasi pembelajaran yang menarik, sehingga nantinya dapat mengerjakan soal dengan benar. Misalnya nilai tersebut perlu ditingkatkan melalui penerapan atau praktek langsung pada benda-benda kongkret yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari (contextual
problem).
Berdasarkan uraian tersebut di atas penulis ingin mengetahui
bagaimana penerapan pembelajaran
kontekstual pada pokok bahasan
Pythagoras terhadap
prestasi belajar siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten
Tegal semester gasal tahun pelajaran 2006-2007. untuk mengetahui penerapan
pembelajaran kontekstual tersebut maka langkah yang perlu diambil adalah membandingkan hasil
pembelajaran tahun lalu dengan
pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kontekstual.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar