BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Dalam
dunia usaha sekarang ini tingkat persaingan antara industri-industri bisnis
semakin tajam, tak terkecuali dengan perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia.
Dengan semakin majunya teknologi dalam era globalisasi ini, setiap perusahaan
berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas produksinya maupun manajemen
pemasarannya dengan tujuan memaksimalkan keuntungan-keuntungan sesuai target
yang diinginkan oleh setiap perusahaan. Persaingan yang semakin ketat dalam
dunia bisnis telah merambah ke semua sektor usaha (bisnis), sehingga kompetisi
yang ada antara perusahaan semakin ketat. Perusahaan yang bergerak dalam dunia
otomotif khususnya kendaraan roda dua, tidak lepas dari persaingan tersebut,
dimana suatu perusahaan dituntut untuk mampu menghadapi berbagai kendala yang
timbul dalam mengelola bisnis usaha pemasarannya, juga untuk menjamin
perusahaan yang bersangkutan supaya dapat beroperasi dengan manajemen yang
efektif dan efisien.
Setiap
perusahaan dapat meningkatkan penjualan produknya dengan menggunakan sistem
pemasaran yang efektif, serta strategi-strategi yang khusus dalam meningkatkan
pasar konsumen yang ada. Strategi pemasaran tersebut adalah Strategi tentang Marketing Mix yaitu Price (harga), Product
(produk), Promotion (promosi) dan Places (distribusi). Pemasaran merupakan
salah satu fungsi yang sangat penting dalam perusahaan, dimana dengan pemasaran
yang tepat dapat menentukan volume penjualan dan posisi perusahaan (produk) di
pasar. Penguasaan pangsa pasar sangat tergantung kepada kemampuan untuk
memanfaatkan strategi pemasaran perusahaan seperti : a). Bagaimana
mempromosikan suatu harga produk, b). Bagaimana strategi harga dengan pesaing
yang ada, c). Bagaimana kebijakan promosinya, d). Bagaimana proses distribusi
yang tepat, e). Bagaimana mengenal lingkungan pasar dan lain sebagainya.
Tingkat
dan jenis kebutuhan serta keinginan konsumen itu dapat berbeda satu dengan yang
lainnya, yang ini menyebabkan pilihan terhadap motor Yamaha, alasan pemilihan
atau tujuan pemilihan dan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam
membeli motor Yamaha pada setiap konsumen juga berbeda.
Oleh
karena itu PT. Megatama Motor menyediakan kebutuhan masyarakat dengan berbagai
jenis type kendaraan roda dua yang
memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara lain motor Yamaha F1zr-RR
memiliki kualitas model yang sporty,
kualitas mesin yang awet serta cocok untuk digunakan oleh para remaja dan
dewasa yang berjiwa muda, adapun type
motor Yamaha Jupiter Z memiliki mesin yang berkualitas, hemat bahan bakar dan
dapat digunakan untuk perjalanan dalam kota dan luar kota.
Dalam
hubungannya dengan uraian tersebut diatas dapat disajikan data volume penjualan
sepeda motor Yamaha untuk tahun 2005-2009 yang dapat dilihat pada tabel 1 yaitu
sebagai berikut :
Tabel 1.1
Data
Volume Penjualan Motor
Tahun
2005 – 2009
Tahun
|
Volume Penjualan
(Unit)
|
2005
2006
2007
2008
2009
|
497
583
617
652
663
|
Rata-rata
|
602
|
Sumber : PT.
Megatama Motor di Makassar
Dengan citra yang baik serta kepercayaan terhadap
perusahaan akan membuat konsumen terpikat untuk mengadakan pembelian ulang dan
konsumen tidak akan beralih pada perusahaan lain yang juga menawarkan produk
yang sejenis. Bagi perusahaan hal ini akan mempermudah penentuan kebijaksanaan
pemasaran yang tepat.
Dengan berpegang pada apa yang telah penulis utarakan di
muka penulis akan membahas tentang : “Analisis
Bauran Pemasaran Dalam Peningkatan Volume Penjualan Motor Yamaha Pada PT. Megatama Motor di Makassar”.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar