BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Dunia bisnis modern menuntut
peranan pemasaran yang dapat menunjang kemajuan usaha bisnis. Maju atau
mundurnya suatu bisnis akan sangat ditentukan oleh keberhasilan kegiatan
pemasaran bisnis tersebut, karena kegiatan pemasaran merupakan kegiatan bisnis
yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas (pelanggan). Pentingnya
peranan pemasaran yang dimaksud bukan berarti mengenyampingkan peranan bagian
lain dalam bisnis, karena seluruh kegiatan merupakan satu kesatuan yang utuh
dalam bisnis.
Kegiatan pemasaran selalu
ada dalam setiap usaha, baik usaha yang
berorientasi profit maupun usaha-usaha sosial. Hanya saja sebagian pelaku
pemasaran tidak atau belum mengerti ilmu pemasaran, tetapi sebenarnya mereka
telah melakukan usaha-usaha pemasaran. Hal ini terjadi karena pelaku pemasaran
belum pernah belajar atau bahkan belum pernah mendengarkan kata-kata pemasaran.
Dalam melakukan kegiatan
pemasaran suatu perusahaan memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai, baik
tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Dalam jangka pendek biasanya
untuk merebut hati konsumen terutama untuk produk yang baru diluncurkan. Sedangkan
dalam jangka panjang dilakukan untuk mempertahankan produk-produk yang sudah ada
agar tetap eksis.
Secara umum, memahami konsep
bauran pemasaran dalam, maka perlu diperkenalkan suatu pemahaman mengenai
konsep bauran pemasaran yang dipopulerkan oleh Jeremy McCarthy yang
memperkenalkan konsep bauran pemasaran produk yang dikenal dengan konsep 4P (product, price, promotion, place).
Marketing mix atau 4P
merupakan suatu set peralatan pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan
untuk mencapai obyek pemasaran yang ditetapkan dalam pasar sasaran. Marketing
mix meliputi produk, harga, promosi dan distribusi. Dalam bauran produk,
perusahaan hendaknya memilih jenis produk yang akan diproduksi dan menciptakan
suatu produk yang dapat diterima oleh masyarakat. Keputusan mengenai produk
meliputi bentuk fisik, pemberian merek, bungkusan/kemasan, warna, mutu, ciri dan
keistimewaan yang dimiliki.
Bauran harga merupakan salah
satu unsur penting dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan dari
penjualan produk dan juga menentukan nilai suatu produk. Biaya, keuntungan,
persaingan dan perubahan keinginan pasar merupakan hal-hal yang perlu
dipertimbangkan dalam penetapan harga suatu produk. Untuk bauran promosi dalam
hal ini merupakan sarana komunikasi antara produsen dengan konsumen. Dengan
adanya komunikasi, konsumen akan mengetahui produk yang dipasarkan oleh produsen.
Promosi sangat diperlukan
oleh setiap perusahaan karena tingkat persaingan yang tajam antar perusahaan
dalam berbagai industri, jumlah konsumen potensial yang semakin meningkat dan
digunakan untuk mempertahankan penjualan di masa resesi. Promosi bertujuan
untuk memodifikasi tingkah laku, memberitahu, membujuk dan mengingatkan. Umumnya
promosi yang diterapkan meliputi periklanan, penjualan perorangan, promosi dan
penjualan publisitas. Bauran pemasaran terakhir yaitu distribusi sebagai suatu
serangkaian organisasi yang saling tergantung dan terlibat dalam proses untuk
menjadikan suatu produk atau jasa siap untuk digunakan atau komunikasi.
Penerapan strategi bauran
pemasaran memberikan kontribusi yang tinggi dalam meningkatkan volume omzet
penjualan produk kendaraan merek Toyota Avanza di showroom PT. Johar Megah
Motor.
Berdasarkan uraian di atas,
peneliti tertarik meneliti dengan memilih judul: ” Analisis Strategi Bauran
Pemasaran terhadap Peningkatan Volume Omzet Penjualan Mobil Merek Toyota Avanza
di Showroom PT. Johar Megah Motor Makassar”.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar