BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Globalisasi
perdagangan pada saat ini tumbuh dan berkembang sangat pesat. Demikian halnya
dengan dunia usaha termasuk berkembangnya pemasaran yang juga tumbuh dan
berkembang untuk mengadaptasi perubahan yang terjadi dalam perdagangan baik
skala global maupun lokal. Pemasaran di sini dipandang penting oleh perusahaan
sebagai salah satu usaha terintegrasi membuat produk untuk memenuhi kebutuhan
konsumen dimana pemasaran bertugas
memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen, dan agar konsumen bisa memenuhi
kebutuhannya pada waktu dan tempat yang sesuai.
Stategi
pemasaran menjabarkan program pemasaran untuk mencapai sasaran perusahaan.
Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dan atas logika itu unit bisnis
diharapkan bisa mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran
terdiri atas pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran perusahaan, bauran
pemasaran, alokasi pemasaran, dan hubungannya dengan keadaan lingkungan yang
diharapkan dan kondisi persaingan yang dihadapi (Kotler: 2000 : 98).
Strategi
pemasaran juga menjadi salah satu faktor penentu perkembangan dan pertumbuhan
industri otomotif yang sangat pesat hususnya mobil. Hal ini ditandai dengan
terus bertambahnya kuantitas kendaraan yang dimiliki masyarakat dan terlihat
pada mobilitas kendaraan yang berada di jalan-jalan kota besar seperti Makassar. Industri otomotif dapat dilihat dari berbagai
dimensi yang cukup luas. Ruang lingkup bisnis otomotif bisa mencakup dimensi
investasi, manajemen, marketing, pembelanjaan dan transaksi lainnya yang
menjadi faktor utama dalam proses pertukaran uang dan barang. Khususnya
industri otomotif mobil sangatlah nampak
perkembangannya, mobil lahir dengan
berbagai merek, model, type, warna, spesifikasi lainnya. Semua ini sejalan
dengan terus meningkatnya mobilitas dan aktivitas penduduk diberbagai aspek.
Ini menunjukkan bahwa dalam industri otomotif mobil mengalami persaingan yang
sangat ketat. Masalah tersebut di satu sisi merupakan ancaman (threats),
tetapi disisi lain merupakan peluang (opportunity) bisnis baru.
Kondisi
tersebut jika diamati dari dimensi bisnis dan aktivitas pemasaran memiliki
pengaruh besar dalam merumuskan kebijakan bisnis industri otomotif di masa
datang. Kebijakan strategi pemasaran merupakan alternatif. Kajian strategi
pemasaran yang sangat penting adalah menganalisis perilaku konsumen untuk strategy
targeting dan positioning nya.
Konsep pemasaran modern orientasinya pada kebutuhan dan
keinginan konsumen. Langkah pertama dari strategi ini memahami keinginan,
kebutuhan dan selera konsumen (customer is king). Jika industri mobil
ingin tetap eksis di pasar otomotif, maka harus tetap konsisten dengan strategi
tersebut. Mobil merek Toyota khususnya selain dipandang sebagai alat
transportasi massal juga sebagai mobil pribadi yang dibutuhkan masyarakat
Indonesia di Kota Makassar. Motivasi pemilikan dan pembelian mobil merek Toyota
didasarkan pada nilai ekonomis dan kebutuhan yang harus ada sebagai alat
transportasi untuk bekerja, berekreasi dan sebagainya, bahkan untuk saat ini
banyak keluarga yang memiliki mobil
lebih dari satu. Semua merek kendaraan roda empat/mobil berlomba-lomba menciptakan inovasi-inovasi
baru model dan desain terus diuji cobakan dan dikembangkan sesuai selera
konsumen. Promosi besar-besaran dilakukan diberbagai media, baik cetak maupun
elektronik. Ini menunjukkan bahwa permintaan pasar mobil merk Toyota sangat
tinggi. Tingginya permintaan tersebut tidak hanya disebabkan oleh faktor
kebutuhan semata, akan tetapi juga banyak dipengaruhi oleh faktor lainnya,
seperti atribut produk dan promosi yang dilakukan oleh dealer maupun
distributor.
Secara umum pemasaran dapat dikatakan sebagai pola pikir
yang menyadari bahwa perusahaan tidak dapat bertahan tanpa adanya transaksi
pembelian. Perusahaan harus dapat memasarkan barang atau jasa yang diproduksi
kepada konsumen agar dapat bertahan dan bersaing dengan perusahaan lain.
Menurut Kotler & Armstrong (2001:354) kualitas produk merupakan senjata
strategis yang potensial untuk mengalahkan pesaing. Jadi hanya perusahaan
dengan kualitas produk paling baik akan tumbuh dengan pesat, dan dalam jangka
panjang perusahaan tersebut akan lebih berhasil dari perusahaan yang lain.
Oleh karena itu perusahaan dalam mengeluarkan produk
sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan begitu
maka produk dapat bersaing di pasaran, sehingga menjadikan konsumen memiliki
banyak alternatif pilihan produk sebelum mengambil keputusan untuk membeli
suatu produk yang ditawarkan. Marketing
Mix (Bauran pemasaran) merupakan
salah satu konsep kunci dalam teori pemasaran modern yang terdiri dari
variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, yang dikenal dengan
konsep 4 P yakni product (produk), price (harga), place (distribusi) dan promotion
(promosi). Ke empat hal ini menjadi hal
yang sangat penting dan selalu menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan
pembelian. Keunggulan-keunggulan produk
dari keempat faktor ini dapat diketahui
oleh konsumen dan membuat konsumen tertarik untuk mencoba dan kemudian akan
mengambil keputusan untuk membeli suatu produk tersebut. Produk yang baik dan
bermanfaat bagi konsumen, dengan harga yang kompetititif dan ditunjang
oleh sistem distribusi yang baik dan
promosi yang dilakukan, akan berimplikasi
pada keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut.
Berkaitan dengan hal di atas
maka, UD. Dua Tiga Tujuh Motor sebagai salah
satu show room yang menjual mobil
merek Toyota yang ada di Kota Makassar juga menghadapi tantangan dalam bidang
pemasaran. Tingginya pemakaian mobil memicu pula tingginya persaingan antar
Show Room. Untuk itu, sudah selayaknya pihak manajemen UD. Dua Tiga Tujuh Motor
mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen
terutama agar dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan mobil merk Toyota.
Atas dasar pemikiran dan asumsi sebagaimana diuraikan di
atas, maka judul yang penulis pilih adalah : “PENGARUH BAURAN PEMASARAN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK TOYOTA
PADA UD. DUA TIGA TUJUH MOTOR MAKASSAR”
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar