Analisis Strategi Pemasaran Pabrik Tahu Sukun ... (PRT-26)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Tahu merupakan makanan olahan hasil pertanian kedelai yang diolah menjadi produk baru yang memiliki nilai lebih. Selain itu, tahu merupakan bahan makanan bagi masyarakat yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Dari sinilah akhirnya produk olahan tahu ini terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan dari konsumen. Para pengusaha mulai melirik adanya peluang bisnis ini, maka mulailah mereka mengembangkan bisnis di bidang produk makanan “Tahu”. Seiring dengan perkembangan bisnis makanan olahan tahu, maka banyak berdiri pabrik-pabrik tahu dan mereka melakukan strategi pemasarannya masing-masing untuk memenangkan persaingan.

Menurut Basu Swasta dan Irawan (1995), dalam menghadapi dunia usaha yang ditandai dengan adanya perubahan dan semakin meningkatnya persaingan dewasa ini maka peranan pemasaran semakin penting artinya bagi perusahaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa pemasaran merupakan ujung tombak bagi kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini disebabkan kegiatan pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang tujuannya untuk merencanakan produk, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, perusahaan harus berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memasarkan produknya demi tercapainya tujuan perusahaan yaitu meningkatkan volume penjualan, naiknya keuntungan perusahaan, kelangsungan hidup terjamin dan dalam jangka panjang adalah adanya perkembangan dari perusahaan.
 
Pabrik tahu Sukun adalah salah satu sektor  usaha yang memanfaatkan bahan hasil pertanian untuk produksinya. Dalam hal ini, perusahaan tahu Sukun berusaha mengolah kedelai menjadi produk olahan baru yang memiliki nilai tambah baik dari segi bentuk maupun nilai gizinya. Perusahaan ini didirikan oleh bapak Ho Tuadi pada tahun 1949 dan bertempat di Jl. S. Supriadi 73 Malang. Keberadaaan pabrik tahu Sukun 73 yang sudah bertahun-tahun menyebabkan produk tahu Sukun 73 sudah tidak asing lagi untuk masyarakat kota Malang dan sekitarnya, sehingga merk tahu Sukun 73 sudah menjadi “image” untuk produk tahu di kota Malang. 

Sampai saat ini terdapat banyak pengusaha tahu yang ada di kota Malang. Hal tersebut akan menyebabkan konsumen terutama kelas menengah ke bawah akan dihadapkan pada beberapa pilihan jenis tahu.  Hal ini jelas akan menjadi ancaman bagi pabrik tahu Sukun 73. Untuk itu, perlu dikembangkan suatu strategi yang tepat guna untuk memenangkan persaingan diantara para pengusaha-pengusaha tahu tersebut.

Dalam rangka memasarkan produknya, pabrik tahu Sukun 73 harus dapat melihat peluang pasar yang ada. Untuk mencapai tingkat pertumbuhan dan tingkat laba investasi yang sesuai dengan target perusahaan maka pabrik tahu Sukun 73 harus mempunyai strategi pemasaran yang handal. Dengan strategi yang baik maka keberadaan tahu Sukun 73 dapat mempertahankan pangsa pasarnya atau meningkatkan volume penjualannya.

Dalam suatu proses pemasaran diperlukan strategi yang tepat karena proses pemasaraaan merupakan kegiatan yang tujuannya untuk merencanakan, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan konsumen. Dengan strategi yang tepat pada proses pemasaran akan tercapai tujuan yang diinginkan yaitu meningkatkan volume penjualan, naiknya keuntungan, dan kelangsungan hidup perusahaan terjamin. Untuk itu, perusahaan harus lebih cermat dan tanggap dalam mengamati setiap perubahan yang terjadi di dalam pasar sehingga dapat segera menyesuaikan diri untuk meningkatkan daya saingnya di dalam pasar.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Partner

Contoh Tesis Pendidikan

Dapatkan file lengkap dalam FORMAT MS-WORD (*.Doc) Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka , untuk judul tersebut diatas. info lengkap dan judul terbaru bisa anda download di download

Semua itu anda bisa dapatkan secara Cuma-Cuma alias GRATISSSSSS.Anda hanya mengganti biaya pengetikan sebesar Rp. 125.000,- per judul (Kecuali Teknik harga Rp. 150.000) dan file-filenya akan kami kirimkan lengkap. (Mulai Bab I s/d Bab V dan Daftar Pustaka).

Caranya? Lakukan pemesanan via SMS dengan mengetik judul yang diinginkan beserta KODE judul tersebut, kirim ke nomor 081 334 852 850. atau ke e-mail tesis_skripsi@yahoo.com

Dapatkan informasi judul-judul manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, manajemen pendidikan LENGKAP hanya di http://www.ilmiahmanajemen.blogpsot.com/

Kunjungi juga web kami di
http://www.kumpulantesis.blogspot.com/
http://www.ilmiahpertanian.blogspot.com/
http://www.ilmiahekonomi.blogspot.com/
http://www.tesis-ilmiah.blogspot.com/
http://www.tesis-ilmiah.com/
http://www.ilmiahmanajemen.blogspot.com/

Koleksi Judul TERBARU
hanya di www.ilmiahilmu.blogspot.com

Kumpulan TEsis dan Skripsi Terlengkap hanya di
www.ilmiahtesis.blogspot.com