Perkembangandunia
perbankan yang dewasa ini bergerak sangat cepat disertai dengan adanya
tantangan-tantangan yang semakin luas dan kompleks, hal tersebut membuat
perbankan harus cepat dan tanggap dalam menjalankan fungsi dan tanggung
jawabnya melayani masyarakat.Bank adalah salah satu lembaga keuangan yang bergerak
dalam bidang pelayanan jasabank, harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik (serviceexcellent) untuk dapat
memenangkan persaingan yang semakin hari semakin kompetitif.
Untuk
menghadapi persaingan antara lembaga perbankan yang semakin ketat, sekarang ini
telah dikembangkan dalam berbagai konsep pelayanan nasabah dengan tujuan untuk
mempertahankan nasabah dan menjangkau nasabah-nasabah potensial.Untuk
mempertahankan dan meningkatkan nasabahnya maka bank perlu menjaga citra
positif dimata masyarakat, untuk mempertahankan citra ini dapat dibangun
melalui kualitas produk, kualitas pelayanan, dan ketertiban keamanan. Untuk
meningkatkan citra perbankan maka perlu menyiapkan karyawan yang mampu
menangani kebutuhan nasabahnya.
Untuk
menghadapi persaingan antara lembaga perbankan yang semakin ketat, sekarang ini
telah dikembangkan berbagai konsep pelayanan nasabah dengan tujuan untuk
mempertahankan nasabah dan menjangkau nasabah-nasabah potensial.
Sehubungan dengan hal tersebut itu
maka setiap perusahaan menentukan pelayanan prima yakni sikap atau cara
karyawan untuk melayani nasabah secara memuaskan, kepuasan nasabah akan lebih
mudah dipenuhi kalau petugas bank lebih mengenal sifat dan karakter dari para
nasabah.
Pelayanan yang diberikan oleh bank
haruslah mencerminkan pendekatan seutuhnya dari seorang karyawan bank kepada
nasabah. Hal ini dilakukan dengan sikap menolong, bersahabat dan profesional
yang memuaskan nasabah agar nasabah tersebut datang untuk berbisnis kembali
dengan bank kita. Dengan cara seperti itu seorang custumer service dapat menikmati pekerjaannya dan memajukan
karirnya pada bank tersebut.
Pelayanan
nasabah yang bemutu menuntut adanya upaya keseluruhan karyawan bukan hanya
bertugas difront office yang
berhadapan langsung dengan nasabah dalam menghasilkan pelayanan yang
mencerminkan kualitas, tetapi juga karyawan di
backoffice yang menghasilkan
pelayanan di belakang layar yang tidak kelihatan oleh nasabah.
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pelayanan
bank dalam hubungannya dengan kepuasan nasabah adalah pelayanan prima. Dimana
menurut Atep (2006:25) bahwa layanan prima atau service excellencebertitik tolak pada pelaku bisnis untuk
memberikan layanan terbaiknya sebagai wujud kepedulian perusahaan kepada
konsumen/pelanggan. Dimana uraian definisi yang dilakukan oleh Atep maka dapat
disimpulkan bahwa pelayanan prima
berkaitan dengan pelayanan yang optimal guna dapat meningkatkan kepuasan
pelanggan.
Kemudian dalam mengukur pelayanan prima dan
hubungannya dengan nasabah penabung maka menurut Wahyu (2011) yang meneliti
hubungan implementasi pelayanan prima dengan kepuasan nasabah pada Bank DKI
Syariah yang mengatakan bahwa pelayanan prima (service excelllence) dapat diukur dengan 6 unsur pokok yaitu
kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action), dan tanggungjawab (accountability).
PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Kartini
Makassar adalah salah satu bank milik pemerintah yang memiliki jaringan usaha
seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itulah dalam
menunjang peningkatan nasabah, maka perlunya dilakukan penilaian mengenai
pelaksanaan dimensi pelayanan prima dan pengaruhnya terhadap peningkatan jumlah
nasabah. Selanjutnya dalam penelitian ini maka yang menjadi titik pokok dalam
penelitian ini adalah nasabah penabung. Oleh karena itulah maka akan dapat
disajikan data perkembangan nasabah penabung khususnya pada PT. Bank Mandiri
(Persero), Tbk. Cabang Kartini Makassar untuk tahun 2009 s/d tahun2011 yang
dapat dilihat melalui tabel 1 yaitu sebagai berikut :
Tabel 1.
Perkembangan Jumlah Nasabah Penabung Tahun 2009 s/d tahun 2011
Tahun
|
Jumlah Nasabah
|
Perkembangan
|
Penabung (%)
|
(%)
|
|
2009
|
29.081
|
-
|
2010
|
41.270
|
41,91
|
2011
|
50.810
|
23,11
|
Rata-rata
peningkatan
|
21,67
|
Sumber PT. Bank
Mandiri, Tbk. Cabang Kartini Makassar
Berdasarkan tabel 1 yakni perkembangan nasabah
penabung khususnya pada PT. Bank Mandiri, Tbk. Cabang Kartini Makassar, maka
terlihat bahwa rata-rata pertumbuhan jumlah nasabah penabung mengalami
peningkatan untuk setiap tahunnya, yakni rata-rata meningkat sebesar 21,67%.
Dengan adanya peningkatan tersebut maka perlu dilakukan penilaian mengenai
pelaksanaan pelayanan prima yang telah dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk
dapat mengetahui pengaruh pelayanan prima yang dilakukan oleh PT. Bank Mandiri
Cabang Kartini Makassar terhadap kepuasan nasabah. Hal ini yang menjadi alasan
peneliti memilih judul penelitian yaitu sebagai berikut : “Pengaruh Pelayanan
Prima terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank
Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Kartini Makassar.”
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar