BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Komitmen
pemerintah untuk meningkatkan investasi di Indonesia telah menyebabkan banyaknya
peluang industri yang sedang berkembang saat ini, dan adalah
suatu hal yang menarik untuk membahas semua peluang yang ada. Namun, di antara
semua peluang bisnis yang ada (khususnya di wilayah Sulawesi Selatan ini) yang
cukup kasat mata pertumbuhannya adalah sektor pembangunan. Dalam satu dekade
terakhir kita bisa melihat ada begitu banyak pembangunan perumahan, ruko,
gedung perkantoran, gedung bisnis, pembangunan ruas-ruas baru jalanan, dan
masih banyak lagi. Tentu ini menyimpan potensi bisnis yang sangat luar biasa
bagi setiap pelaku usaha di dalamnya.
Salah satu perusahaan yang berkecimpung di industri ini
adalah adalah PT. Semen Bosowa Maros. Selaku perusahaan penyedia bahan baku
bangunan yang berpusat di Sulawesi Selatan dan sudah sangat dikenal di wilayah
ini. PT. Semen Bosowa Maros saat ini bukanlah pemain baru di industri ini. PT.
Semen Bosowa Maros telah berhasil membangun sebuah brand image yang cukup kuat di dalam ruang pasar komoditas semen,
bukan hanya di Sulawesi Selatan tapi juga hingga ke luar pulau.
|
Namun, tidak bisa juga dipungkiri bahwa PT. Semen Bosowa Maros
tidak sendiri di dalam industri ini, ada beberapa pesaing yang bisa dikatakan
sangat kuat. PT.
Semen Bosowa Maros memegang 40% pangsa pasar untuk wilayah Indonesia Timur.
Namun secara nasional, PT. Semen Bosowa Maros baru menguasai 5% pangsa pasar
semen di Indonesia. Sehubungan dengan
adanya persaingan yang kuat dalam memanfaatkan setiap peluang usaha yang ada,
maka dianggap penting bagi perusahaan untuk menggunakan konsep pemasaran yang
tepat dan menetapkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien.
Pemasaran
adalah aspek yang sangat penting dalam perkembangan suatu usaha. Tanpa adanya
pemasaran yang baik, maka suatu usaha tidak akan dapat bergerak sebagaimana
mestinya. Salah satu bagian dari manajemen pemasaran yang menjadi kunci jawaban
dalam memperkenalkan dan mempertahankan produknya adalah melalui kegiatan
promosi. Promosi itu sendiri adalah menciptakan komunikasi antara penjual dan
pembeli untuk memengaruhi tindakan dan sikap pembeli.
Tujuan
utama promosi ialah memberi informasi, menarik perhatian dan selanjutnya
memberi pengaruh terhadap meningkatnya penjualan. Kecil kemungkinan bagi suatu
produk untuk dibeli konsumen jika mereka tidak mengetahuinya dan peran dari
perusahaan di sini ialah memberikan informasi kepada konsumen mengenai
keberadaan produk perusahaan.
|
Terdapat
banyak cara promosi yang dapat dipilih perusahaan dalam memasarkan produknya.
Adalah hal yang penting bagi perusahaan untuk melaksanakan kegiatan promosi
yang efektif dan efisien dalam meningkatkan nilai penjualan produknya. Berdasarkan Laporan Data Penjualan tahun 2003-2009 dan Laporan Beban
Penjualan tahun 2003-2009 dari PT. Semen Bosowa Maros, maka dapat dilihat
pergerakan nilai penjualan semen dan biaya promosi pada PT. Semen Bosowa Maros
sepanjang tahun 2003-2009 sebagai berikut:
Tabel 1.1.
Fluktuasi Nilai Penjualan dan Biaya Promosi Tahun
2003-2009
Tahun
|
Nilai Penjualan
|
Persentase
|
Biaya Promosi
|
Persentase
|
2003
|
Rp
283,753,748,123
|
-
|
Rp
2,155,822,295
|
-
|
2004
|
Rp
288,066,191,008
|
1.520
|
Rp
2,017,324,277
|
-6.424
|
2005
|
Rp
361,441,845,703
|
25.472
|
Rp
2,246,535,261
|
11.362
|
2006
|
Rp
431,699,124,416
|
19.438
|
Rp
3,216,330,761
|
43.168
|
2007
|
Rp
535,172,657,136
|
23.969
|
Rp
3,836,673,218
|
19.287
|
2008
|
Rp
682,726,473,076
|
27.571
|
Rp
4,930,284,111
|
28.504
|
2009
|
Rp
633,698,553,541
|
-7.181
|
Rp
5,962,586,482
|
20.938
|
|
Dari
data di atas, maka dapat dilihat bahwa sepanjang tahun 2003-2008, nilai
penjualan semen PT. Semen Bosowa Maros terus meningkat dari tahun ke tahun,
namun pada tahun 2009 terjadi penurunan sebesar 7,181%. Berbeda dengan Nilai
penjualan, di mana pada tahun 2004 terjadi penurunan sebesar 6,424% namun untuk
tahun-tahun selanjutnya, biaya promosi terus mengalami kenaikan.
Berdasarkan
uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti hubungan antara bauran
promosi terhadap nilai penjualan semen pada PT. Semen Bosowa Maros. Oleh karena
itu, penulis mengangkat judul “Pengaruh
Bauran Promosi Terhadap Nilai Penjualan Semen Pada PT. Semen Bosowa Maros”.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar