BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya ilmu
pengetahuan dan kemajuan teknologi akan memicu persaingan dalam perekonomian
tersebut, perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan suatu
strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi pasar dan mampu
memanfaatkan kesempatan yang ada.
Pemasaran merupakan salah satu faktor
penting dalam proses kegiatan perusahaan, di mana kegiatan pemasaran secara
langsung mengarahkan pada pencapaian tujuan perusahaan yang salah satunya
adalah peningkatan volume penjualan yang ujung-ujungnya memperoleh sejumlah
laba yang optimal, sehingga dapat dikatakan bahwa laba diperoleh suatu
perusahaan merupakan pencerminan dari keberhasilan aktivitas pemasaran
perusahaan itu sendiri.
Salah satu upaya yang ditempuh oleh
perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan adalah perlunya ditunjang
strategi pemasaran melalui orientasi bauran pemasaran yang meliputi produk,
harga, promosi, dan distribusi. Dari keempat variabel dalam bauran pemasaran
tersebut yang menjadi salah satu titik tolak adalah harga. Penentuan harga
bertujuan untuk mendorong penjualan dalam pemasaran suatu barang dan jasa, dan
juga bersaing dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan.
Memuaskan pelanggan dengan produk yang
bermutu tinggi merupakan kunci prestasi yang menguntungkan. Fungsi pemasaran
dalam perusahaan bertugas menentukan target pelanggan serta cara terbaik untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka secara bersaing dan menguntungkan.
Salah
satu teori pendukung atas Bauran pemsaran dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
adalah :
“Bauran Pemsaran
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai
barang
atau jasa
dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia”
Untuk
mencapai target efisiensi tertentu dan seterusnya menghasilkan keuntungan yang
diharapkan, perusahaan melaksanakan
kegiatan-kegiatan fungsionalnya yaitu bidang pemasaran, produksi, keuangan, dan
administrasi, masing – masing bidang ini merupakan kegiatan yang menuntut
spesialisasi tersendiri dengan programnya masing – masing. Selanjutnya untuk
menghasilkan keuntungan yang diharapkan perusahaan harus memperhatikan masalah
harga, dimana harga adalah salah satu variabel pemasaran yang perlu diperhatikan
oleh manajemen perusahaan karena harga akan langsung mempengaruhi besarnya
volume penjualan dan laba yang dicapai oleh perusahaan.
Kebijaksanaan perencanaan produk,
penyaluran barang maupun penggunaan media promosi yang baik tidak akan menghasilkan
sesuatu bila kebiaksanaan tentang harga tidak ikut diperhatikan. Dengan
demikian harga sebuah produk atau jasa merupakan faktor penentu utama
permintaan pasar, selain itu harga juga mempengaruhi bagian posisi, persaingan
dan bagian satu kebijaksanaan dalam arti bahwa harga yang ditetapkan dapat
terjangkau sesuai dengan tingkat kemampuan konsumen dan dilain pihak tidak
merugikan perusahaan itu sendiri. Jadi suatu perusahaan harus menerapkan harga
yang memiliki daya saing yang kuat, dimana bila didukung oleh kegiatan
pengawasan lainnya dan manajemen yang baik maka diharapkan perusahaan tersebuat
akan mampu menghargai para pesaing. Jadi dalam kegiatan penjualan, konsumen
harus mendapatkan perhatian sepenuhnya, karena konsumen mempunyai kebebasan
dalam memilih suatu barang yang disenanginya.
Bauran Pemasaran menurut Kotler (1997:92) :
“Marketing mix is the
set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in
the market.”(Marketing Management,1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah kumpulan dari
variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu
badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran”
Menurut Stanton (1978) adalah :
“Bauran pemasaran adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti
dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem
distribusI”
Ada banyak alat pemasaran,
McCarthy mempopulerkan pembagian kiat pemasaran ke dalam 4 (empat) faktor yang
disebut the four Ps: product, price, place, and promotion”
(cited in Kotler, 1992:92).
Dengan menentukan harga yang sesuai
berarti perusahaan telah menciptakan suatu kesempatan baru dalam memasarkan
hasil produksinya atau barang dagangannya, sehingga dapat menghadapi saingan-saingan
yang ada dalam wilayah pemasarannya.
Berdasarkan uraian
diatas, maka penulis akan membahas tentang
“Analisis Pengaruh Bauran
Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Pada PT. Proparindo Jasa Tama Makassar“.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar