Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi
dimana anggapan peserta didik terhadap matematika merupakan pelajaran yang
sulit dan hanya peserta didik tertentu yang dapat menguasainya, karena mereka dituntut
sesuai dengan apa yang dikatakan oleh guru. Metode yang digunakan guru tersebut akan berpengaruh pada hasil belajar
peserta didik. Dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, diperlukan
pembelajaran yang dapat membuat peserta didik berpikir kritis dan kreatif
sehingga mereka memiliki kebebasan berpikir sesuai apa yang dikuasainya. Pembelajaran
tersebut yaitu model pembelajaran probem
posing, yang mana pada pembelajaran ini siswa dituntut untuk mengajukan
pertanyaan sehingga tidak terpacu pada apa yang dikatakan guru saja. Guru
disini hanya sebagai fasilitator dan siswa yang lebih aktif di dalam
pembelajaran.
Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011? 2)
Seberapa besar pengaruh model
pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar
matematika peserta didik kelas VII SMPN 2
Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar
matematika peserta didik kelas VII SMPN 2
Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011.
Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dimana penelitiannya
disajikan dalam bentuk deskripsi dengan menggunakan angka-angka statistik.
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen.
Dalam penelitian ini
digunakan beberapa metode, yaitu metode interview, observasi, tes dan dokumentasi.
Disini tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika peserta
didik setelah diberikan perlakuan, kemudian dibandingkan dengan hasil belajar
peserta didik kelas kontrol. Sedangkan
observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data
tentang populasi, sampel, peserta didiksarana prasarana pendidikan dan dokumen
sekolah.
Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan
beberapa metode diatas, penulis menganalisis dengan menggunakan rumus uji-t
(test). Berdasarkan hasil perhitungan, signifikan 5% ternyata nilai (thitung > ttabel ) yaitu thitung = 4,68 > ttabel = 2,000. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis
pada penelitian ini diterima, yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran problem
posing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII
SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011. Sedangkan besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN
2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2010/2011 adalah 17,15%.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar