Bahasa
adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa unsur yang dapat di
kombinasikan dengan mengikuti peran tertentu. Salah satu unsur bahasa adalah kata. Morphologi adalah ilmu yang mempelajari proses pembentukan kata. Elemen terkecil dari
sebuah kata yang mempunyai makna disebut morfem. Morfem dibagi menjadi morfem
bebas dan morfem terikat. Morfem terikat adalah morfem yang hanya dapat
muncul bersama-sama dengan morfem lain untuk membentuk
sebuah kata dan pada umumnya cenderung affix. Affix (imbuhan) terkadang
infleksional dan derivasional. Derivational affixes adalah sebuah kata
yang dibentuk (diperoleh) dari kata yang lain yang dapat merubah klas kata
dan/atau makna.
Masalah penelitian: 1) Apa tipe dan pola-pola derivational words yang digunakan pada
teks-teks argumentatif di “The New York
Times”? dan 2) Berapa frekuensi kejadian dari tipe dan pola-pola derivational
words yang digunakan pada teks-teks argumentatif di “ The New York Times”?
Tujuan pembahasan:
1) menemukan tipe dan pola-pola
derivational words yang digunakan pada teks-teks argumentatif di “The New York
Times” dan 2) mengetahui frekuensi kejadian dari tipe dan pola-pola derivational words yang digunakan pada teks-teks argumentatif di “ The New York
Times”.
Metode penelitian: 1) desain penelitian pada
pembahasan ini adalah deskriptif dengan pendekatan
quantitatif, 2) populasinya adalah semua derivational
words yang digunakan pada teks-teks argumentatif di “The New York Times pada bulan Januari sampai
Desember 2010, 3) samplenya
adalah duabelas teks-teks argumentatif di "The
New York Times" pada bulan Januari sampai Desember 2010, 4) metode pengumpulan data menggunakan
library study, 5 ) analisis data yaitu dengan mengamati dan mengidentifikasi
secara langsung teks-teks argumentatif yang terdapat pada pada sample.
Dari
hasil penelitian, ada 968 kali kemunculan dari pola-pola derivational words yang dibagi dalam class-changing
dan class-maintaining. Ada 872 / 90,08% kemunculan dari pola-pola derivational words pada class-changing dan 96 / 9,92% kemunculan dari pola-pola derivational words pada class-maintaining.
Dari
hasil penelitian ini, ada beberapa saran yaitu; murid harus lebih banyak
membaca buku atau teks-teks lain untuk meningkatkan pengetahuan mereka terutama
pada keterampilan membaca, guru tidak hanya mempergunakan buku tapi juga media
lain dalam proses belajar mengajar seperti menggunakan koran, dan untuk peneliti
selanjutnya, mereka harus menemukan tipe dari pola-pola derivational words lain
tidak hanya pada koran tapi sumber lain.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar