Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Garis dan Sudut Pada Siswa Kelas VII-A Di Smp N 06 Tulungagung (PMT-62)


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya proses kegiatan pembelajaran siswa di sekolah membuat tingkat ketuntasan belajar siswa masih rendah. Itu disebabkan, metode pembelajaran yang monoton dan siswa yang kurang senang terhadap mata pelajaran matematika, sehingga dalam pembelajaran matematika pada soal materi garis dan sudut banyak mengalami kesalahan karena siswa tidak menguasai konsepnya. Selain itu pengaruh faktor internal dan eksternal belajar siswa juga membawa dampak terhadap proses belajar siswa. Salah satu solusi untuk meningkatkan  belajar matematika siswa adalah guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi, pedekatan tehnik pembelajaran matematika yang banyak melibatkan siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A SMP N 06 Tulungagung.

Rumusan masalah (1) Apa saja jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal garis dan sudut? (2) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal garis dan sudut? (3) Apa alternatif solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal garis dan sudut?
Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Sumber data dalam Penelitian studi ini adalah siswa kelas VII-A  SMP N 06 Tulungagung. Metode pengumpulan data (1) Observasi, (2) Tes, (3) Iterview, (4) Dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisa kualitatif (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data).
Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa alam menyelesikan soal garis dan sudut. (2) Untuk mengetahui  faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan keaslahan soal garis dan sudut. (3) Untuk mengetahui alternatif solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal garis dan sudut.
Hasil Penelitian analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi garis dan sudut pada siswa kelas VII-A di SMP N 06 Tulungagung sangat membantu siswa dalam pembelajaran matematika. Karena dengan mengetahui letak kasalahan siswa, dapat lebih mudah memahami konsep yang abstrak dan memanipulasi langkah-langkah penyelesaian masalah dalam pembelajaran matematika. Instrumen yang digunakan adalah (1) Angket, (2) Tes, (3) Wawancara. Dengan pemberian angket, kemudian soal tes, dan diadakan wawancara maka dapat diketahui letak kesalahan siswa dan memberi solusi, sehingga pembelajaran matematika yang dianggap sulit dan menakutkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta mampu dengan mudah diterima oleh siswa. Sehingga dapat diketahui kesalahan konsep yang dilakukan siswa sebesar 61,60% dan kesalahan prosedur yang dilakukan siswa sebesar 10,71%.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan