Kajian Komparatif Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Konvensional dan Ekonomi Islam (HES-10)


Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin berkembang pesatnya ilmu ekonomi Islam sehingga menarik para pakar untuk mengkaji dan mengembangkan teori-teori terkait dengan seluruh aktivitas ekonomi, khususnya dalam hal ini adalah teori tentang konsumsi. Munculnya dua pandangan terkait dengan perilaku konsumen dalam melaksanakan aktivitas konsumsinya yakni teori yang dimunculkan oleh para pemikir konvensional dan konsep yang dibawa oleh ajaran Islam mengantarkan penulis untuk tertarik mengkaji kedua teori tersebut.

Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi konvensional?, 2) Bagaimana perilaku konsumen dalam perpektif ekonomi Islam?, 3) Bagaimana persamaan dan perbedaan perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi konvensional dan ekonomi Islam?. Adapun yang menjadi tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi Konvensional, untuk mendeskripsikan perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi Islam, serta untuk memahami persamaan dan perbedaan dari perilaku konsumen dalam dua perspektif tersebut.
Jenis kajian yang digunakan dalam dalam skripsi ini adalah kajian pustaka (library research) yang mengidentifikasi secara sistematis atau menganalisa dokumen yang berasal dari buku, internet, atau sumber lain yang terkait dengan perilaku konsumen, baik dalam ekonomi konvensional maupun Islam. Pendekatan kajian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dari transkrip, buku-buku bacaan, dan bahan-bahan kepustakaan lainnya untuk menganalisa dan menemukan komparasi data yang peneliti dapatkan. Metode analisis data dalam kajian ini yang digunakan adalah metode content analysis, critic analysis, dan comparative analysis.
Setelah penulis mengkaji dari berbagai sumber, akhirnya dapat penulis simpulkan: perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi konvensional adalah berlandaskan pada filosofi kapitalisme, sehingga setiap individu lebih mengutamakan rasional dibandingkan spiritual. Sedangkan dalam perspektif ekonomi Islam, perilaku konsumen didasarkan pada filosofi ketuhanan sehingga dalam setiap aktivitasnya memenuhi kebutuhan konsumen dituntut agar selalu berpedoman pada prinsip tauhid, khilafah, dan juga keadilan. Selain itu penulis menemukan adanya persamaan dan perbedaan dari kedua perspektif teori tersebut. Persamaan antara perilaku konsumen dalam melaksanakan aktivitas konsumsi dalam ekonomi konvensional dan ekonomi Islam ada tiga, diantaranya dalam hal pengertian, landasan filosofi, motif dan tujuan konsumsi, serta teori perilaku konsumen. Perbedaanya terletak pada landasan filosofi, prinsip konsumsi, motif dan tujuan konsumsi, konfigurasi kebutuhan konsumen, dan yang terakhir perbedaan tersebut terletak pada teori perilaku konsumen.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan