Prestasi
belajar siswa sangat dipengaruhi oleh berbagai upaya yang dilakukan oleh guru
pada proses pembelajaran. Pembelajaran Matematika dengan metode konvensional
dan kurang bervariatif dapat mengakibatkan kejenuhan pada siswa sehingga hasil
belajar mereka kurang memuaskan. Dalam hal ini peneliti inginmenggunakan
pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) unutuk meningkatkan proses pembelajaran
matematika. Karena dengan pembelajaran kooperatif TIPE Team Games Tournament (TGT) ini siswa ditunutut untuk aktif mencari
informasi terkait materi yang sedang dipelajari dari teman satu teamnya.
perbedaan proses pembelajaran ini memungkinkan adanya perbedaan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Rumusan Masalah: (1)Adakah
perbedaan prestasi belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran
kooperatif Team Games Tournament (TGT) dan pembelajaran konvensional
pada siswa SMPN 1 Ngunut? (2)
Seberapa besar perbedaan prestasi
belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Team Games
Tournament (TGT) dan pembelajaran konvensional pada siswa SMPN 1 Ngunut?
Tujuan Penelitian : (1)Untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT)
dan pembelajaran konvensional pada siswa SMPN 1 Ngunut? (2)Untuk
mengetahui Seberapa besar perbedaan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dan pembelajaran
konvensional pada siswa SMPN 1 Ngunut?.
Pola penelitian dalam penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dan komparasi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan
data (1) Observasi, (2) Interview, (3) Dokumentasi, (4) Tes. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu analisis statistik atau
metode statistik, yaitu dengan menggunakan uji t-test.
Berdasarkan perhitungan
t-test diperoleh nilai ,
sedangkan pada taraf signifikan 5% adalah 2,000.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika
siswa dengan pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dan
pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Ngunut pada materi
pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasar Pehitungan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima, sedangkan untuk besarnya perbedaannya adalah dengan interpretasi rendah.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar