Beberapa faktor yang berpengaruh
terhadap tingkat kesehatan bank antara lain adalah rentabilitas dan likuiditas
yang dapat diwakili dengan rasio-rasio keuangan yang dapat digunakan untuk memprediksi
kesehatan dari segi capital (CAR)
terutama rasio rentabilitas yaitu Return
On Assets (ROA), dan Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional
(BOPO), serta rasio likuiditas yaitu Loan
to Deposit Ratio (LDR). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
Rasio Rentabilitas dan Likuiditas terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) pada
Bank Pemerintah di Indonesia periode tahun 2003 hingga 2010. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi
para praktisi dalam menjaga tingkat kesehatan bank.
Data yang digunakan dalam
penelitian ini diperoleh dari Laporan Tahunan Publikasi Bank Pemerintah periode
tahun 2003 hingga 2010. Penelitian ini menggunakan populasi dari bank
pemerintah di Indonesia yaitu dengan jumlah 4 bank.
Teknik analisis yang digunakan
adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dilengkapi uji asumsi
klasik normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi
untuk mendapat model estimasi linier yang tidak bias. Hipotesis diuji
menggunakan t-statistik untuk menguji keberartian koefisien regresi secara
parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian koefisien regresi secara
bersama-sama (simultan) pada level of
significance 5%.
Selama periode pengamatan
menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji
multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan
variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data
yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi
linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa variable ROA dan BOPO secara parsial berpengaruh signifikan terhadap CAR
dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05, sementara LDR secara parsial
tidak berpengaruh signifikan terhadap CAR pada Bank Pemerintah di Indonesia
periode 2003-2010. Secara simultan, ROA, BOPO, dan LDR terbukti berpengaruh
signifikan terhadap CAR dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar