Analisis Pengaruh Rasio Rentabilitas dan Likuiditas terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) pada Bank Pemerintah di Indonesia (KE-79)


Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kesehatan bank antara lain adalah rentabilitas dan likuiditas yang dapat diwakili dengan rasio-rasio keuangan yang dapat digunakan untuk memprediksi kesehatan dari segi capital (CAR) terutama rasio rentabilitas yaitu Return On Assets (ROA), dan Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), serta rasio likuiditas yaitu Loan to Deposit Ratio (LDR). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Rasio Rentabilitas dan Likuiditas terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) pada Bank Pemerintah di Indonesia periode tahun 2003 hingga 2010. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi para praktisi dalam menjaga tingkat kesehatan bank.


Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Tahunan Publikasi Bank Pemerintah periode tahun 2003 hingga 2010. Penelitian ini menggunakan populasi dari bank pemerintah di Indonesia yaitu dengan jumlah 4 bank.

Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dilengkapi uji asumsi klasik normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi untuk mendapat model estimasi linier yang tidak bias. Hipotesis diuji menggunakan t-statistik untuk menguji keberartian koefisien regresi secara parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian koefisien regresi secara bersama-sama (simultan) pada level of significance 5%.

Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable ROA dan BOPO secara parsial berpengaruh signifikan terhadap CAR dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05, sementara LDR secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap CAR pada Bank Pemerintah di Indonesia periode 2003-2010. Secara simultan, ROA, BOPO, dan LDR terbukti berpengaruh signifikan terhadap CAR dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan