Iklan merupakan salah satu media komunikasi
pemasaran yang kerap digunakan dalam aktivitas ekonomi dalam upaya mengenalkan
produk kepada konsumen. Situasi pasar yang kompetitif menjadikan tidak ada
suatu bisnis yang mampu bertahan lama tanpa didukung oleh bauran komunikasi
pemasaran semisal iklan yang efektif dan efisien. Iklan sebagai salah satu
sarana pemasaran produk barang atau jasa harus mampu tampil menarik dan
persuasif (Jefkins, 1997:15). Tentu ketika kita melihat semakin bertambahnya
jumlah penduduk maka meniscayakan pula semakin besarnya kebutuhan masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menjadi suatu konsekuensi
bagi para produsen yang hadir dalam upaya menjawab pemenuhan kebutuhan
masyarakat melihat hadirnya persaingan diantara berbagai perusahaan terkait. Salah
satu jalan yang ditempuh oleh perusahaan adalah dengan kemampuan mengelola dan
menyampaikan informasi kepada konsumen terkait produknya melalui aktivitas periklanan.
Dalam strategi pemasaran modern, keberadaan
iklan sudah menjadi tuntutan yang tidak dapat dihindari demi sebuah produk yang
ditawarkan agar mendapat perhatian dalam kehidupan masyarakat. Representasi
iklan produk yang ditampilkan dalam berbagai ruang dan media baik media cetak
maupun elektronik, sebagian dari penanda verbal maupun nonverbal tidak memiliki
hubungan antara produk barang atau jasa yang dipasarkan. Interpretasi iklan
lewat berbagai media tersebut cenderung membangun realitasnya dalam membangun
nilai guna suatu produk. Nilai yang ditampilkan agar memperoleh respon yang
kuat dari konsumen. Oleh karena itu, representasi yang dibentuk dari suatu
produk mengandung unsur-unsur lain misalnya media pemasaran tersebut telah
membentuk citra diri individu, gaya hidup sekelompok orang,
dan kepuasan untuk kalangan tertentu. Pihak pembuat iklan
harus memperhatikan isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan iklan agar pesan yang disampaikan dalam iklan
sampai pada konsumen dan mudah diingat, sehingga dapat mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen dalam hal dorongan kebutuhan, keinginan, motivasi dan
pengaruh lingkungan sekitar.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini