Studi Gender Pada Pabrik Rokok Sumber Redjeki (Studi Kasus Pada Pabrik Rokok Sumber Redjeki) (PRT-11)

BAB I
PENDAHULUAN

1.                  Latar Belakang
Dalam menghadapi era globalisasi kerja sama ekonomi dari segi produksi dan pemasaran antar Negara mempunyai peluang strategis untuk mengembangkan dan menyalurkan produksi pertanian ke berbagai Negara di Dunia. Usaha yang bergerak dalam bidang pertanian memerlukan modal dan teknologi serta sumber daya manusia yang produktif, karena peningkatan produksi dalam suatu perusahaan tidak terlepas dari penerapan teknologi dan kemampuan sumber daya manusianya. Teknologi penelitian baru hanya akan berhasil jika telah bermanfaat atau telah digunakan dalam masyarakat atau pengusaha secara tepat dan benar.

            Peran gender dalam pabrik rokok Sumber Redjeki sangat dibutuhkan dalam proses produksi. Adanya perbedaan antara laki-laki dan perempuan memang dalam kenyataannya sangat mencolok, dan hal itu dapat menunjukkan bahwa antara laki-laki dan perempuan sangat memiliki perbedaan secara alami (natural) dan perbedaan yang di karenakan pengaruh pada lingkungan (nurtured) di dalam masyarakat akan terbentuk suatu peran yang berbeda antara laki-laki dan perempuan.

            Dalam pembagian kerja, peran laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda, dari segi pembagian kerja secara seksual perempuan sangat dihubungkan dengan pekerjaan yang bersifat produktif, yaitu seperti pada pekerjaan rumah tangga dan merawat anak. Sedangkan untuk laki-laki pada tingkat pekerjaannya memiliki sifat lebih pada produktif kerja, karena hal ini dihubungkan dengan pekerjaan yang bersifat dalam pemenuhan kebutuhan pangan, papan dan sandang. Peran perempuan selalu dikaitkan dengan ruang lingkup domestik sedangkan untuk peran laki-laki selalu dikaitkan dengan ruang lingkup publik, oleh karena itu peran domestik sangat kurang dihargai. Potensi Perempuan sebenarnya sangat luar biasa dalam arti sangat mungkin melakukan dua peran sekaligus yaitu sebagai seorang yang melakukan aktivitas berproduksi juga dapat membantu untuk meningkatkan ekonomi keluarganya.

Dalam hal pembagian pekerjaan yang menunjukkan pembagian kerja secara seksual peran perempuan sangat dianggap memiliki tenaga yang kurang dibandingkan oleh tenaga laki-laki, sehingga membawa dampak pada pekerja laki-laki dan perempuan. Oleh sebab itu tenaga perempuan sangat rendah dibandingkan dengan tenaga laki-laki. 

Aktifitas pekerjaan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan di lingkungan PR. Sumber Redjeki pada umumnya berbeda, hal ini disebabkan oleh banyaknya aktifitas pekerjaan yang dalam penanganannya berbeda- beda, sehingga menuntut adanya pelaksana kerja yang berubah-ubah.

Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan penelitian yang membahas tentang gender terutama mengenai aktivitas gender pada rumah tangga pekerja di PR. Sumber Redjeki dan untuk mengetahui akses dan kontrol gender terhadap sumber daya yang tersedia pada PR. Sumber Redjeki, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, sehingga didapatkan judul “ Studi Gender Pada Pabrik Rokok  Sumber Redjeki” ( Studi Kasus Pada Pabrik Rokok Sumber Redjeki).



Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan