Dalam kondisi persaingan yang semakin ketat, hal utama yang harus
diperhatikan oleh perusahaan adalah masalah kualitas layanan kepada pelanggan
agar dapat tetap bertahan, bersaing dan menguasai pangsa pasar. Pimpinan harus
tahu hal-hal apa saja yang dianggap penting
oleh pelanggan dan pimpinan berusaha menghasilkan kinerja (performance) sebaik mungkin sehingga dapat memuaskan pelanggan.
Dalam kaitannya dengan pelayanan kepada pelanggan,
semua pihak yang bergerak dalam pemberian pelayanan harus menyadari bahwa keberadaan konsumen
yang setia (loyal) merupakan
pendukung untuk kesuksesan perusahaan. Dengan demikian, mereka harus
menempatkan konsumen sebagai aset yang sangat berharga, karena dalam
kenyataannya tidak ada satupun organisasi, terutama perusahaan yang akan mampu
bertahan hidup bila ditinggalkan oleh pelanggannya.
Layanan yang baik merupakan daya tarik yang besar
bagi pelanggan, sehingga bisnis seringkali menggunakannya sebagai alat promosi
untuk menarik minat pelanggan. Kualitas dan kepuasan pelanggan berkaitan sangat
erat. Kualitas memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan yang
kuat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang ikatan seperti ini memungkinkan
perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan pelanggan serta kebutuhan
mereka. Kualitas pelayanan berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan
keinginan pelanggan serta ketepatan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan
pelanggan. Dalam kondisi persaingan yang begitu ketat, yang harus diprioritaskan
oleh perusahaan adalah kepuasan pelanggan agar dapat bertahan untuk bersaing
dan menguasai pangsa pasar yang ada. Kepuasan pelanggan ditentukan oleh
kualitas jasa yang diinginkan para pelanggan, sehingga jaminan kualitas menjadi
prioritas utama bagi setiap perusahaan pada saat ini, khususnya sebagai tolak
ukur adalah keunggulan daya saing terhadap perusahaan yang ada.
PT
Sinar Galesong Pratama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan
motor Suzuki dan jasa service, di
mana dalam kegiatan sehari-harinya adalah melayani konsumen. Dengan ketatnya
persaingan dengan perusahaan jasa service lainnya maka upaya yang dilakukan
oleh perusahaan adalah dengan memperhatikan kualitas pelayanan, yang terdiri
dari: tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (tanggapan), assurance (jaminan) dan emphaty (empati). Untuk itu penulis
tertarik untuk membahas upaya PT Sinar Galesong Pratama upaya pemeliharaan
kepuasan dan loyalitas pelanggan. Berdasarkan uraian tersebut judul yang
diajukan dalam penelitian ini adalah “Analisis
Kualitas Layanan Service Terhadap Kepuasan Pengguna Motor Suzuki pada PT Sinar
Galesong Pratama Makassar.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar