Model
pembelajaran matematika dengan menggunakan lembar kerja
siswa (LKS) matematika berbasis life skill menjadi salah satu alternatife model pembelajaran.
Pembelajaran ini diawali dengan pemberian masalah kepada siswa untuk
dipecahkan, diharapkan dapat mencapai tujuan lebih baik. Melihat kondisi
pembelajaran matematika di MTs PSM Tanen, diusulkan dalam penelitian ini
dilaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan LKS matematika berbasis
life skill. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah prestasi matematika siswa
pada penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan LKS matematika
berbasis life skill pada pokok bahasan segitiga lebih efektif dibandingkan prestasi matematika siswa
pada penerapan pembelajaran konvensional?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui apakah prestasi matematika siswa pada penerapan model pembelajaran matematika
dengan menggunakan LKS matematika berbasis life skill pada pokok bahasan
segitiga lebih efektif dibandingkan prestasi matematika siswa pada penerapan pembelajaran konvensional.
Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs PSM Tanen tahun
pelajaran 2009/2010. Penentuan sampel dilakukan secara random sampling.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Pembelajaran
matematika dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis life
skill
dan variabel terikat adalah prestasi
matematika dengan model pembelajaran matematika dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) matematika
berbasis life skill. Cara pengambilan data dengan lembar observasi dan tes.
Data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis uji t.
Dari
hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai prestasi matematika siswa sebesar 11.31
sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 1.448. Dari hasil uji statistik t satu
pihak diperoleh t hitung = 2.839.Dengan taraf signifikasi 5% diperoleh t tabel
=2.68. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga Ho ditolak. Hal ini
berarti prestasi
matematika siswa pada penerapan pembelajaran matematika
dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis life skill lebih efektif dari prestasi matematika siswa pada
penerapan pembelajaran konvensional.
Kesimpulan
yang diperoleh dari penelitian adalah prestasi matematika siswa pada pokok bahasan
segitiga dengan menerapkan model pembelajaran matematika
dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis life skill lebih efektif dari pada prestasi matematika siswa
pada penerapan pembelajaran konvensional. Saran yang berkaitan dengan hasil
penelitian ini yaitu guru diharapkan dapat membuat situasi pembelajaran yang
bermakna bagi siswa dengan cara mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi
dunia nyata siswa. Peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian ini
dengan lingkup yang lebih luas.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar