Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena
bahwa pemahaman siswa mengenai materi bangun segiempat dapat mempengaruhi hasil
belajar matematika. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pamahaman
bangun segiempat pada mata pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika
siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari Ngunut Tulungagung .
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh
pemahaman bangun segiempat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di
MTs N Pulosari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2009/2010? (2) Seberapa besar
pengaruh pemahaman bangun segiempat terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas VII di MTs N Pulosari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2009/2010? Adapun
yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui secara
jelas tentang (1) ada tidaknya pengaruh pemahaman bangun segiempat terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs N Pulosari Ngunut Tulungagung
tahun ajaran 2009/2010. (2) basar pengaruh pemahaman bangun segiempat terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs N Pulosari Ngunut Tulungagung
tahun ajaran 2009/2010.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian ex-postfacto. Dalam penelitian ini digunakan
metode observasi, tes, dokumentasi, dan interview. Metode tes digunakan untuk
memperoleh data tentang pemahaman bangun segiempat dan juga hasil belajar
matematika siswa kelas VII di MTs N Pulosari
semester genap tahun ajaran 2009/2010. Sedangkan metode observasi, dokumentasi,
dan interview digunakan untuk menggali data tentang sejarah, letak geografis,
sarana dan prasarana, struktur organisasi, keadaan guru dan siswa di MTs N Pulosari.
Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa
metode di atas, penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Setelah
data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang
signifikan antara pemahaman bangun segiempat dengan hasil belajar matematika
siswa kelas VII semester genap di MTs N Pulosari Ngunut Tulungagung tahun
ajaran 2009/2010. Hasil hitung, baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% tenyata
nilai F lebih besar daripada nilai F tabel. Dengan demikian, hipotesis nol
ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Namun pengaruh pemahaman bangun
segiempat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester genap di
MTs N Pulosari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2009/2010 tidak begitu besar.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar