Penelitian
dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di sekolah,
dimana kegiatan pembelajaran masih berlangsung secara konvensional yaitu didominasi
oleh guru sehingga membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti proses
pembelajaran IPA dan rendahnya hasil belajar IPA pokok bahasan sifat-sifat
cahaya. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan
menggunakan metode eksperimen pada proses pembelajaran IPA di kelas.
Fokus penelitian dalam skripsi ini
adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran dengan penerapan metode eksperimen
untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya siswa
kelas V MI Darussalam 02 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran
2010/2011?, 2)Bagaimana hasil belajar IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya
dengan penerapan metode eksperimen siswa kelas V MI Darussalam 02 Ariyojeding Rejotangan
Tulungagung tahun ajaran 2010/2011?
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan
proses pembelajaran dengan penerapan metode eksperimen dan mengetahui hasil
belajar IPA pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya dengan penerapan metode
eksperimen siswa kelas V MI Darussalam
02 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2010/2011.
Dalam penelitian ini digunakan metode
pengumpulan data berupa: tes, observasi,wawancara dan catatan lapangan. Dimana tes
digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa setelah mengalami
proses belajar mengajar, observasi digunakan untuk mengamati proses
pembelajaran dan untuk mengetahui hasil belajar afektif dan psikomotor, wawancara
digunakan untuk mengetahui respon siswa, serta untuk memperoleh informasi-informasi
yang dibutuhkan,dan catatan lapangan digunakan untuk melengkapi data yang tidak
terekam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas.
Setelah penulis melakukan dua siklus
dalam penelitian tindakan kelas dan memperoleh data-data yang diperlukan dari
fakta-fakta yang ada, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
Proses pembelajaran IPA pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui beberapa
tahapan yaitu (1) guru melakukan percobaan awal, (2) siswa mengamati percobaan,
(3) siswa merumuskan hasil pengamatan sementara, (4) siswa melakukan percobaan
sendiri, (6) siswa mampu mengaplikasikan dan memberi contoh, (7) guru
memberikan evaluasi. Sedangkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui
penerapan metode eksperimen dapat meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil
belajar aspek kognitif meningkat sebanyak 13,9%, sedangkan hasil belajar aspek
psikomotor meningkat sebanyak 13,8 %, dan hasil belajar aspek afektif meningkat
10,41%.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar