Penelitian ini
dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di dunia pendidikan sekolah
khususnya tentang pembelajaran Bahasa Inggris. Banyak kenyataan menunjukkan
bahwa kualitas siswa dalam Bahasa Inggris masih sangat rendah. Hal ini bias
dilihat dari perolehan hasil belajar siswa dalam Bahasa Inggris yang jauh dari
harapan. Untuk mengatasi hal ini peneliti menggunakan suatu media yang
diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Media yang
peneliti gunakan adalah media audio visual VCD.
Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah
bagaimana penggunaan media audio visual VCD terhadap peningkatan motivasi dan
prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas II SDI Al Azhaar
Kecamatan Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2010/2011. Adapun yang menjadi
tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio
visual VCD terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran
Bahasa Inggris siswa kelas II SDI Al Azhaar Kecamatan Kedungwaru Tulungagung
tahun ajaran 2010/2011.
Skripsi ini bermanfaat bagi 1) SDI Al Azhaar diharapkan untuk dapat lebih meningkatkan motivasi
dan prestasi belajar siswa dan perlu
dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain, 2) Bagi guru untuk menambah pengetahuan pengajar karena dengan penggunaan media
tersebut guru semakin banyak mendapat pelajaran tentang apa yang harus
dilakukan untuk mengatasi kendala kesulitan yang di alami oleh siswa dalam
proses belajar mengajar yang berlangsung, meningkatkan kemampuan mengajar dan sifat profesionalisme. 3) Bagi Siswa, dapat
memberikan informasi atau masukan pengetahuan baru bagi siswa untuk
memanfaatkan penggunaan media audio visual VCD dalam rangka meningkatkan motivasi
dan prestasi belajarnya, siswa semakin aktif dalam mengikuti pelajaran karena
siswa tidak jenuh lagi dengan apa yang disampaikan guru dalam menyampaikan
tidak monoton dengan metode itu-itu saja. 4) Bagi para pembaca sebagai bahan
masukan atau referensi yang cukup berarti.
Dalam penelitian ini menggunakan metode tes,
observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi
dan prestasi belajar siswa kelas II SDI Al Azhaar. Sedangkan metode observasi
dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran
Bahasa Inggris.
Hasil penelitian yaitu : 1) Berdasarkan penelitian yang dilakukan
oleh peneliti diketahui bahwa pembelajaran bahasa Inggris menggunakan media
audio visual VCDV telah mampu membawa perubahan pada motivasi belajar siswa
kelas II C SDI Al Azhaar Tulungagung. Dapat terlihat dari lembar observasi yang
dibuat mulai dari awal sebelum tindakan sampai akhir pada siklus II akhir
tindakan. Sebelum tindakan dilakukan taraf keberhasilan motivasi siswa kelas II
C SDI Al Azhaar masuk dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi
cukup dan pada akhir tindakan meningkat menjadi baik. Peningkatan motivasi
belajar ini dimungkinkan karena adanya motivasi baru dalam pembelajaran, yaitu
penggunaan VCD yang dikemas semenarik mungkin sehingga membuat siswa menjadi
lebih mudah mempelajari materi dan siswa menjadi bersemangat untuk belajar.
Oleh karena suasana belajar yang menyenangkan ini maka siswa akan merasa senang
dan termotivasi untuk giat belajar dan berusaha secara maksimal demi keberhasilan
mereka. Intensitas motivasi belajar seorang siswa akan sangat menentukan
tingkat pencapaian prestasi belajar. Sehingga jika motivasi belajar pada diri
siswa baik, maka diharapkan hasil belajarnya pun akan meningkat. Jadi dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual VCD dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas II C SDI Al Azhaar Tulungagung pada mata pelajaran Bahasa
Inggris. 2) Penggunaan media audio visual VCD dalam kegiatan pembelajaran dapat
membantu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bhasa
Inggris kelas II C SDI Al Azhaar
kecamatan Kedungwaru Tulungagung. Hal ini terbukti dari hasil post test siklus
I dan siklus II yang mengalami peningkatan yang signifikan. Pada hasil tes awal
sebelum tindakan (pre test) rata-rata
skor tes awal siswa adalah 58,75. Setelah pembelajaran menggunakan media audio
visual VCD pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar