Dalam pembelajaran kooperatif model group investigation ini,
proses belajar betul-betul diutamakan saling membantu di antara anggota
kelompok, interaksi sosial menjadi salah satu faktor
penting bagi perkembangan skema mental yang baru. Dimana dalam pembelajaran ini
memberi kebebasan kepada pembelajar untuk berfikir secara analitis, kritis,
kreatif, reflektif dan produktif. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan
dengan mengambil tema yang berkaitan dengan model pembelajaran dengan maksud
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Rumusan masalah dalam
penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah proses pelaksanaan model group investigation dalam pembelajaran kooperatif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nur,
Kauman? (2) Bagaimanakah kendala-kendala pelaksanaan
model group investigation dalam
pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nur, Kauman? (3) Bagaimanakah hasil pelaksanaan model group investigation dalam pembelajaran
kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas
IV SDI An-Nur, Kauman?
Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini
adalah : (1) Untuk
mengetahui proses pelaksanaan model group
investigation dalam pembelajaran kooperatif untuk peningkatan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nuur, Kauman. (2) Untuk
mengetahui
kendala-kendala pelaksanaan model group
investigation dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nur, Kauman. (3) Untuk
mengetahui hasil pelaksanaan model group
investigation dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nuur, Kauman.
Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalamn serta
wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi SDI An-Nuur Kauman Tulungagung
sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran,
baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan
masukan atau referensi yang cukup berarti.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas
empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan reflkesi.
Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan
dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan empat siklus PTK.
Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus belajar. Subjek
pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI An-Nuur Kauman
Tulungagung pada semester
genap tahun ajaran 2010-2011. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi tes
untuk hasil belajar. Selanjutnya data akan dianalisis secara deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model group investigation dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. (1)
Pada proses penerapan model group investigation,
ada enam tahapan yang menuntut keterlibatan anggota tim, yaitu sebagai berikut:
identifikasi
topik, perencanaan
tugas belajar, pelaksanaan
kegiatan penelitian, persiapan laporan akhir, presentasi penelitian
dan evaluasi. (2)
Untuk kendala-kendala yang terdapat pada penerapan model group investigation
secara garis besar sebagai berikut: dalam diskusi kelompok masih ada siswa yang
pasif, siswa masih merasa kurang percaya diri untuk bertanya ataupun memberikan
tanggapan, masih ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pada saat
kelompok lain presentasi hasil kerjanya terdapat gangguan dalam proses belajar
yang disebabkan anak kelas lain ramai di dekat kelas. Penerapan model group investigation dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat
(3) Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa
pada tes akhir tindakan I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 58,5 naik
menjadi 65,4 (siklus II), dan naik menjadi 70,8 (siklus III), dan
menjadi 80 (siklus IV). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan model group investigation
dalam pembelajaran kooperatif dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nuur Kauman Tulungagung tahun ajaran
2010/2011
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar