Latar Belakang: dalam era globalisasi, perkembangan teknologi
komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk
mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu, bahasa
asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Arab, merupakan hal yang
sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik,
ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi, maupun seni, bersumber dari buku-buku
berbahasa Arab.
Melalui pembelajaran bahasa Arab, dapat dikembangkan keterampilan
peserta didik dalam berkomuikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan
menyampaikan informasi, fikiran, dan perasaan. Dengan demikian, maka pelajaran
bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat
tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan
berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan
budaya serta siap mengambilbagian dalam pembangunan nasional.
Aplikasi e-learing di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berlatar
belakang mengikuti perkembangan zaman era digital dengan majunya teknologi
pendidikan dan perkembangan internet yang begitu pesat.
Fokus penelitian: 1) Apa model
e-learning dalam pembelajaran Bahasa arab di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta?
2) Mengapa model e-learning diaplikasikan di SMA Muhammadiyah 1
Yogyakarta? 3) Bagaimana sistem E-Learning dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA
Muhammdiyah 1 Yogyakarta?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan model e-learning
dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. 2) Untuk
mendeskripsikan dan menjelaskan model E-Learning di aplikasikan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. 3) Untuk
mendeskripsikan dan menjelaskan sistem e-learning dalam pembelajaran bahasa
Arab di SMA Muhammdiyah 1 Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini, yaitu:
metode wawancara, metode obsevasi, metode dokumentasi, dengan jenis penelitian
yang dipakai adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian
yang datanya diperoleh dengan melakukan survey di lapangan/lokasi penelitian,
yakni untuk memperoleh gambaran yang jelas dan terperinci tentang aplikasi e-learning
di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Analisis data yang digunakan dalam penelitian
adalah dengan menggunakan teknis deskripsi analisis, yaitu penyelidikan yang
kritis terhadap suatu kelompok manusia obyek kondisi suatu sistem
pemikiran/suatu kelas untuk membuat paparan, gambaran/lukisan secara
sistematis, faedah, faktor akurat tentang fakta sifat serta hubungan antar
fenomena yang diselidiki berdasarkan lapangan.
Hasil Penelitian
Model aplikasi e-learning
dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menggunnakan
model ICT/web facilitied. Model e-learning diaplikasikan di SMA
Muhammadiyah I Yogyakarta dikarenakan ada beberapa faktor, antara lain: faktor
zaman, faktor peserta didik, faktor perhatian dari pemerintah, faktor
lingkungan, faktor pendidik. Sistem e-learning di SMA Muhammadiyah I
Yogyakarta yang digunakan adalah: a) Materi (content) berupa CD
multimedia dan berupa web, template situs Pba al-dakwah org dan power point, b)
learning management system (LMS) dilakukan berupa kustominasi. c)
Infrastruktur yang tersedia diantaranya berupa perangkat multimedia, computer dan
laptop dengan standarisasi Pentium 4, RAM minimal 256 dan dilengkapi waresess,
serta jaringan Network 512 Kbps.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar