Latar Belakang Masalah: Perkembangan dunia
pendidikan yang begitu pesat harus diimbnagi dengan sumber daya manusia yang
cerdas untuk menghadapinya, dunia pendidikan sebagai salah satu jalur
pematangan jiwa dan fisik manusia haruslah mempunyai suatu pendekatan yang
tepat dalam proses pembelajaran. Dulu pendidikan disekolah hanya memberikan
berbagai fakta-fakta dan teori-teori yang harus dihafal dan ketika siswa
menjawab pertanyaan guru dianggap menguasai materi. Tetapi pendidikan sekolah
sekarang bukanlah seperti itu, pendidikan sekolah sekarang haruslah memberikan
ilmu-ilmu pengetahuan yang berisi teori-teori dan juga penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari. Hal tersebut sangatlah cocok di terapkan di dalam
pelajaran fiqih yang mana berisi syarat-syarat tetapi juga melaksanakannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus Penelitian: (1)Bagaimana aplikasi
pembelajaran kontekstual kelas VIII di MTsN Tunggangri? (2) Bagaimana
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman Fiqih peserta didik kelas
VIII di MTsN Tunggangri? (3) Bagaimana teknik pembelajaran kontekstual untuk
meningkatkan pemahaman Fiqih peserta didik kelas VIII di MTsN Tunggangri?
Metode Penelitian: (1) Pola dan jenis
penelitian : Kualitatif, (2) Kehadiran peneliti: peneliti hadir di MTsN
Tunggangri Kalidawir, (3) Sumber data: Informan terdiri dari kepala sekolah,
tenaga pengajar khususnya guru Fiqih kelas VIII, (4) Metode pengumpulan data:
Observasi, wawancara dan dokumentasi, (5) Analisis data: Data dianalisis dengan
pendekatan kualitatif, (6) Pengecekan keabsahan temuan: Trianggulasi,
Pembahasan sejawat, memperpanjang waktu penelitian, meningkatkan ketekunan.
Hasil-hasil Penelitian: (1) Dalam melaksanakan proses pembelajaran MTsN
Tunggangri Kalidawir menggunakan pendekatan kontekstual, (2) Dengan pendekatan kontekstual yang
dilaksanakan guru fiqih siswa-siswa menyambut baik dan lebih memberikan
motifasi siswa dalam belajar dan melaksanakan materi fiqih yang diajarkan
disekolah dalam kehidupan sehari-hari, (3) Teknik dan pendekatan pembelajaran yang
digunakan adalah Kontruktivisme, Questioning, Inquery, Learning Community,
Modelling Authetic assessment.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar