Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII di MTsN Aryojeding (PAI-55)


Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi bahwa efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak di MTs masih terjadi kesenjangan antara yang tuntutan dengan yang terjadi. Rumusan masalahnya adalah Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap pemahaman siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding? Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap penyikapan siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding? Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap pengimplementasian siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding? Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap pemahaman, penyikapan dan pengimplementasian pada siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding?.

Tujuan penelitian: Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap pemahaman siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap penyikapan siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap pengimplementasian siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap pemahaman, penyikapan dan pengimplementasian pada siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Metode penelitian, penelitian ini berpola kuantitatif pendidikan, populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Aryojeding, sampelnya adalah 61 siswa dan samplingnya adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan test, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian: secara teoritik Efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap pemahaman siswa dalam akhlak karimah, adalah siswa mampu memahami dan menguasai materi aqidah akhlak sehingga siswa mampu untuk mengintegrasikan materi aqidah akhlak tersebut khususnya dalam materi akhlak karimah. Efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap penyikapan siswa dalam akhlak karimah dapat dicapai jika siswa mampu mencapai aspek yang pertama, dan meresapinya sehingga siswa mampu menunjukkannya dalam sikap nyata pada kehidupan sehari-hari. Efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap pengimplementasian siswa dalam akhlak karimah dapat dicapai, jika siswa mampu mengamalkan akhlak karimah dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, guru harus mampu memaksimalkan proses pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak. Empirik Terdapat efektifitas yang positif pada pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap pemahaman siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding, Terdapat efektifitas yang positif pada pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap penyikapan siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Terdapat efektifitas yang positif pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap pengimplementasian siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding. Terdapat efektifitas yang positif pada pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap pemahaman, penyikapan dan pengimplementasian pada siswa  kelas VIII  di MTsN Aryojeding.


Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan