Penelitian dalam skripsi ini
dilatar belakangi bahwa efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak
di MTs masih terjadi kesenjangan antara yang tuntutan dengan yang terjadi. Rumusan
masalahnya adalah Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata pelajaran
aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap pemahaman siswa kelas VIII
di MTsN Aryojeding? Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata
pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap penyikapan siswa kelas VIII
di MTsN Aryojeding? Apakah terdapat efektifitas pembelajaran mata
pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap pengimplementasian
siswa kelas VIII di MTsN Aryojeding? Apakah terdapat
efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap pemahaman,
penyikapan dan pengimplementasian pada siswa
kelas VIII di MTsN Aryojeding?.
Tujuan penelitian: Untuk
mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai
akhlak karimah terhadap pemahaman siswa
kelas VIII di MTsN Aryojeding. Untuk
mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai
akhlak karimah terhadap penyikapan siswa
kelas VIII di MTsN Aryojeding.
Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak mengenai
akhlak karimah terhadap pengimplementasian siswa kelas VIII
di MTsN Aryojeding. Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mata
pelajaran aqidah akhlak terhadap pemahaman, penyikapan dan pengimplementasian
pada siswa kelas VIII di MTsN Aryojeding. Metode penelitian,
penelitian ini berpola kuantitatif pendidikan, populasinya adalah seluruh siswa
kelas VIII MTs Aryojeding, sampelnya adalah 61 siswa dan samplingnya adalah
proportional random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan test,
observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian: secara
teoritik Efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap
pemahaman siswa dalam akhlak karimah, adalah siswa mampu memahami dan menguasai
materi aqidah akhlak sehingga siswa mampu untuk mengintegrasikan materi aqidah
akhlak tersebut khususnya dalam materi akhlak karimah. Efektifitas pembelajaran
mata pelajaran aqidah akhlak terhadap penyikapan siswa dalam akhlak karimah
dapat dicapai jika siswa mampu mencapai aspek yang pertama, dan meresapinya
sehingga siswa mampu menunjukkannya dalam sikap nyata pada kehidupan
sehari-hari. Efektifitas pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap pengimplementasian
siswa dalam akhlak karimah dapat dicapai, jika siswa mampu mengamalkan akhlak
karimah dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, guru harus mampu
memaksimalkan proses pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak. Empirik Terdapat
efektifitas yang positif pada pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak
mengenai akhlak karimah terhadap pemahaman siswa kelas VIII
di MTsN Aryojeding, Terdapat efektifitas yang positif pada pembelajaran mata
pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap penyikapan siswa kelas VIII
di MTsN Aryojeding. Terdapat efektifitas yang positif pembelajaran mata
pelajaran aqidah akhlak mengenai akhlak karimah terhadap pengimplementasian
siswa kelas VIII di MTsN Aryojeding. Terdapat efektifitas yang
positif pada pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak terhadap pemahaman,
penyikapan dan pengimplementasian pada siswa
kelas VIII di MTsN Aryojeding.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar